Dishub Kapuas Kunker Gali Potensi untuk Dukungan PAD

JAJARAN Dishub Kapuas saat kunker ke Jawa Timur.| foto : diskominfokps

KUALA KAPUAS - Jajaran Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kapuas telah melaksanakan  kunjungan kerja (kunker) ke salah satu perusahaan daerah di Provinsi Jawa Timur yang bergerak di bidang pengusahaan pelayanan jasa kepelabuhan, yakni PT. Delta Aryha Bahari Nusantara di Probolinggo Jawa Timur.

"Kunjungan tersebut terkait Kinerja Bidang Perhubungan terhadap pelaksanaan pelayanan transportasi yang terintegrasi dan terkoneksi serta keselamatan dalam berlalulintas kepada masyarakat," kata  Sekretaris Dishub Kapuas, Maria Suzana Natalestari, Jumat (2/12/2022).

Dikatakannya, Dishub Kabupaten Kapuas juga mempunyai tanggung jawab untuk mendukung Kegiatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang direncanakan akan didapatkan melalui Kebijakan Jasa Kepelabuhanan.

"Kunjungan kepada anak Perusahaan ini untuk mempelajari bagaimana proses dan kebijakan berdirinya anak perusaahan daerah tersebut sebagai peluang untuk memperkuat PAD pemerintah provinsi Jawa timur dan Pemerintah Kabupaten Probolinggo melalui berbagai kerjasama serta bidang pelayanan kepelabuhanan," paparnya.

Lanjutnya, sebelum kegiatan berjalan, pemerintah daerah perlu mempersiapkan kajian potensi wilayah, kesiapan aset dan infrastruktur maupun skema kerjasama antar daerah, pusat dan sektor swasta.

"Dengan hasil pertemuan ini diharapkan Pemerintah Kabupaten Kapuas memiliki strategi untuk dapat mengembangkan potensi usaha di bidang kepelabuhanan yang dapat mendukung PAD kabupaten Kapuas dimasa yang akan datang," pungkasnya.[aan/adv]