Status Tanggap Darurat, BPBD Kapuas: Banjir Landa 30 Desa di Empat Wilayah Kecamatan

PENYALURAN losgistik bantuan banjir di Kabupaten Kapuas.| foto : bpbdkps

KUALA KAPUAS - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah mengimbau masyarakat meningkatkan kesiapsiagaan bencana banjir, mengingat saat ini banjir telah melanda sejumlah desa di empat kecamatan di daerah tersebut.

Bahkan saat ini status siaga darurat bencana banjir yang ditingkatkan menjadi status tanggap darurat bencana banjir di wilayah Kabupaten Kapuas.

"Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui BPBD  dan Dinas Sosial telah menyalurkan bantuan bencana banjir di 30 desa, 4 kecamatan," kata Kepala Pelaksana BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga, Jumat (2/12/2022).

Lanjutnya, berdasarkan data BPBD Kapuas laporan awal diterima pada 6 November 2022 terjadi bencana banjir di Kecamatan Pasak Talawang.

Selanjutnya 12 November 2022 terjadi banjir di Kecamatan Kapuas Tengah, Kecamatan Timpah dan Kecamatan Mantangai,

"Akibat kejadian bencana ini ada 6.007 kepala keluarga dengan 19.105 jiwa terdampak," sebutnya.

Dilanjutkannya, adapun upaya yang telah dilakukan adalah membentuk Satgas pengananan bencana banjir juga menyampaikan surat edaran Bupati Kapuas perihal kesiapsiagaan bencana hidrometeorologi.

"BPBD Kapuas terus melakukan koordinasi dengan OPD terkait, camat dan kepala desa yang wilayahnya terdampak banjir. Kita juga melakukan pemantauan kondisi dan cuaca dilokasi yang terjadi bencana banjir dan berpotensi terjadi bencana banjir," terangnya.

Lebih lanjut dikatakan Kalaksa BPBD, bahwa Bupati Kapuas dan OPD terkait telah melakukan peninjauan kondisi banjir di Kecamatan Mantangai dan menetapkan status siaga darurat bencana banjir yang di tingkatkan menjadi status tanggap darurat bencana banjir di wilayah Kabupaten Kapuas.[aan/adv]