Disdik Kabupaten Kapuas Studi Kaji Pelayanan Publik ke Disdikbud Balangan

PENYERAHAN cendra mata.| foto : istimewa

PARINGIN - Pemerintah Kabupaten Balangan mencapai Zona Hijau predikat Pelayanan Publik tahun 2022 berdasarkan hasil penilaian Ombudsman RI, dengan opini pada tingkat kepatuhan tinggi.

Atas keberhasilan itu, Kabupaten Balangan menjadi tempat tujuan Pemerintah Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah, untuk melakukan studi kaji, Kamis (2/2/2023).

Kepala Disdikbud Kabupaten Balangan, Ribowo beserta jajaran dan Kabag Organisasi Setda Balangan, Ernawati beserta jajaran selaku Pembina langsung pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik, menyambut kedatangan rombongan Disdik Kabupaten Kapuas.

Kedatangan rombongan dari Kabupaten Kapuas ini untuk melakukan studi kaji pelaksanaan pelayanan publik pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Balangan.

Dalam sambutannya, Kepala Disdik Kabupaten Kapuas menyampaikan bahwa, pihaknya sangat tertarik untuk studi kaji ke Disdikbud Kabupaten Balangan, karena Disdikbud Kabupaten Balangan menjadi salah satu titik penilaian dari Ombudsman.

“Kami ingin mengetahui bagaimana caranya, sehingga ilmu dan pengetahuan dalam kunjungan hari ini nantinya akan kami implementasikan di Dinas kami," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Disdikbud Kabupaten Balangan, Ribowo mengatakan, bahwa keberhasilan capaian ini tidak terlepas dari komitmen kuat Kepala daerah beserta jajaran.

Serta seluruh unsur stake holder, dalam upaya terus meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan publik terlebih khusus dalam pelaksanaan pelayanan dasar sektor pendidikan.

Pada sesi diskusi selanjutnya, Kabag Organisasi Setda Ernawati, selaku pejabat pembina langsung SKPD dalam urusan pelaksanaan reformasi birokrasi dan pelayanan publik Kabupaten Balangan menyampaikan, bahwa kiat ketercapaian pelayanan publik ini diantaranya dengan selalu meningkatkan kapasitas SDM pelaksana pelayanan di setiap lini layanan.

“Dan juga selalu melakukan koordinasi intens dan pendampingan kepada semua SKPD dukungan anggaran dan peningkatan Sarpras layanan,” ujarnya.

Turut mendampingi Kadisdik Balangan semua pejabat administrator, Pengawas dan Pejabat Fungsional sebagai pelaksana teknis pengampu pelayanan publik diantaranya Sekretaris, Abdul Basyid, Kabid Dikdas Akhmad Rijali.

Kabid PAUD/PNF Juli Rahman, Kabid Kebudayaan Suprapto, Kabid Sarpras Marsono, Kasubag Umpeg Arbani, Kasubag Program, M Iqbal dan Kasubag Keuangan Barkatullah.[martino]