Antisipasi Lahan yang Makin Sempit DKP3 Tingkatkan Indeks Tanam

Antisipasi Lahan yang Makin Sempit DKP3 Tingkatkan Indeks Tanam

KEPALA DKP3 Balangan, Tuhalus saat diwawancarai.| foto : istimewa

PARINGIN - Lahan pertanian di Kabupaten Balangan sudah tidak bisa diperluas lagi di Karenakan alih fungsi lahan. Oleh sebab itu untuk mengantisipasi hal tersebut, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan melakukan pemanfaatan lahan dengan meningkatkan indeks tanam, yaitu penanaman dua sampai tiga kali pada lahan yang mempunyai sistem irigasi.

Dijelaskan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Balangan, Tuhalus, pihaknya untuk saat ini lahan di Balangan sudah tidak bisa diperluas lagi karena beberapa faktor.

"Lahan kita saat ini sudah sempit dan tidak bisa diperluas lagi," kata Tuhalus saat ditemui di kantornya, Senin (6/3/2023).

Ia melanjutkan bahwa salah satu cara untuk meningkatkan indeks tanam pada lahan pertanian dengan cara memberikan penyuluhan kepada para petani melalui para penyuluh pertanian yang ada di desa-desa di Balangan.

"Penambahan tenaga penyuluh satu desa satu penyuluh untuk membimbing para petani kita," tambahnya.

Ia berharap meski lahan di Balangan sudah dalam keadaan sempit pihaknya tetap berupaya meningkatkan kesejahteraan sektor pertanian melalui indeks pertanaman.

"Meski lahan sempit kita tetap berupaya dengan meningkatkan indeks penanaman," harapnya.[martino]

Lebih baru Lebih lama