Permudah Kumpulkan Data Wisatawan, Disporapar Balangan Luncurkan Pandawa

Permudah Kumpulkan Data Wisatawan, Disporapar Balangan Luncurkan Pandawa

BATARIUS merupakan salah satu destenasi wisata di Balangan.| foto : istimewa

PARINGIN - Untuk mempermudah dalam melakukan penjaringan wisata serta jumlah wisatawan yang berkunjung, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Balangan membuat sebuah inovasi berbasis website, yaitu Pengumpulan Data Wisata (Pandawa) yang dibentuk pada tahun 2021.

Dipaparkan oleh inovator dari Pandawa, Bebi bahwa tujuan dibentuknya inovasi Pandawa adalah untuk mempermudah pihak dinas untuk mengetahui jumlah pengunjung pada 11 wisata yang sudah memiliki Surat Keputusan (SK) setiap bulannya.

"Jadi inovasi ini akan mempermudah kita untuk melakukan pelaporan ke pusat mengenai jumlah pengunjung pada wisata-wisata di Kabupaten Balangan setiap tahunnya," paparnya saat ditemui di kantornya, Rabu (29/3/2023).

Ia melanjutkan, selain mempermudah dalam pengumpulan data statistik wisatawan di Balangan, juga untuk mempermudah dalam pengumpulan data karena berbasis website.

"Jadi ketika sewaktu-waktu kita perlu datanya, tidak susah dalam mencarinya," lanjutnya.

Bebi menambahkan, inovasi Pandawa ini memiliki 11 orang petugas penginput dari Pokdarwis dan satu admin yang ada di dinas untuk memastikan data sudah diinput ke website Disporapar Balangan.

"Kita punya 11 orang penginput dari anggota Pokdarwis yang sudah kita latih," tambahnya.[martino]
Lebih baru Lebih lama