Rumah Betang Sei Pasah Kapuas Dapat Kunjungan Komunitas Pencinta Anggrek

Rumah Betang Sei Pasah Kapuas Dapat Kunjungan Komunitas Pencinta Anggrek

KUNJUNGAN Komunitas Pencinta Anggrek di Rumah Betang Sei Pasah Kapuas.| foto : istimewa

KUALA KAPUAS - Rumah adat Betang Manggatang Utus Sei Pasah Kecamatan Kapuas Hilir Kabupaten Kapuas, Kalteng mendapat kunjungan dari para pencinta bunga anggrek, Minggu 5 Maret 2023.

Kunjungan kali ini dari komunitas Lestari Anggrek Nusantara (LAN) Kalimantan Selatan dan didampingi Komunitas Pencinta Anggrek Kapuas (Kompak).

Plt Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Agusthe S.Sos melalui Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif, Erliansyah, Rabu (8/3/2023) mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangkaian kegiatan silaturahmi dua komunitas pecinta anggrek. 

Komunitas LAN yang dipimpin Ketua Umum, Hj Fathul Jannah Muhidin  merupakan istri Wakil Gubernur Kalsel dalam kesempatan ini diwakili Sekretaris Hasanah dan Ketua Kompak Jupriyanto.

Usai kunjungan ke destinasi wisata budaya lanjut wisata kuliner ke Dapoer Tepian Kapuas dan ke rumah-rumah anggota Kompak untuk melihat koleksi anggrek tentunya Anggrek Mantangai menjadi andalan Anggrek khas Kabupaten Kapuas.

"Kami apresuasi dan ucapkan terima kasih  atas kunjungan ini, tentunya sebagai bentuk sinergitas kolaborasi menggali dan mengembangkan sektor ekonomi kreatif dari hobby melestarikan anggrek hingga menjadi usaha yang menghasilkan pendapatan keluarga," kata Erliansyah.

Ia menuturkan, adapun rumah Betang Manggatang Utus Sei Pasah ini merupakan rumah adat Dayak Ngaju, terletak di seberang kota Kuala Kapuas, ibu kota Kabupaten Kapuas. Rumah Betang ini resmi dibuka sebagai objek wisata pada 19 Januari 2019 lalu.[aan/adv]

Lebih baru Lebih lama