Pantau Kondisi, Korban Banjir Enam Kecamatan di Barsel Dapat Bantuan

Pantau Kondisi, Korban Banjir Enam Kecamatan di Barsel Dapat Bantuan

BUNTOK - Hingga hari ini, Kamis (6/4/2023) Penjabat Bupati Barito Selatan, Lisda Arriyana secara terus menerus memimpin langsung penyaluran bantuan kepada korban banjir di enam kecamatan di wilayah setempat.

Menurut Lisda, bantuan berupa sembako tersebut akan disalurkan kepada 7.000 lebih warga yang terdampak banjir yang tersebar dienam kecamatan di daerah ini.

Lisda langsung memantau dan menyalurkan bantuan kepada warga terdampak korban banjir di Desa Danau Ganting, dan Kalahien, Kecamatan Dusun Selatan.

"Dua desa yang kita kunjungi di Kecamatan Dusun Selatan hari ini merupakan wilayah banjir terparah dari desa lainnya yang ada di kecamatan tersebut," terangnya.

Terkait hal ini, lanjut Lisda, Pemkab Barsel juga sudah menetapkan status tanggap darurat bencana banjir. Di samping menyalurkan bantuan, pihaknya juga membangun posko dan dapur umum di Kelurahan Buntok Kota dan juga posko kesehatan untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir.

Ia menambahkan, Pemkab Barsel melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Dinas Perhubungan dan Dinas Perumahan dan permukiman serta pertanahan (Perkimtan) juga melakukan sejumlah antisipasi.

"Antisipasi-antisipasi tersebut diantaranya apabila ada margin jalan yang menghambat banjir supaya dijebol terlebih dahulu agar tidak menghambat arus air," jelasnya.

Selain itu, Lisda juga menyampaikan, banjir yang terjadi saat ini diakibatkan tingginya intensitas hujan dan banjir kiriman dari Kabupaten Murung Raya dan Barito Utara.

"Saat ini debit air di wilayah Kabupaten Murung Raya dan Barito Utara sudah surut dan mengirim ke wilayah Barito Selatan, sehingga debit air dalam beberapa hari ini mengalami peningkatan. Kita harapkan dalam beberapa hari ke depan debit air di wilayah Barito Selatan ini sudah turun," ujar Lisda.[adv]

Lebih baru Lebih lama