Anjangsana, BPP Paju Epat Monitoring dan Evaluasi Luas Panen Padi di Desa Maipe

Anjangsana, BPP Paju Epat Monitoring dan Evaluasi Luas Panen Padi di Desa Maipe

KETUA BPP Paju Epat berkoordinasi dengan penyuluh Dinas Pertanian dan ketua kelompok tani.| foto : istimewa

TAMIANG LAYANG - Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Paju Epat melakukan anjangsana, supervisi dan monitoring sekaligus evaluasi panen padi di Desa Maipe Kecamatan Paju Epat Kabupaten Barito Timur (Bartim), Selasa (16/5/2023).

Ketua BPP Paju Epat, Lukmanul Chakim kepada awak media menjelaskan bahwa pihaknya fokus pada budidaya komoditas peternakan itik petelur dan pembahasan pemanfaatan lahan pekarangan untuk menurunkan angka stunting di Desa Maipe.

"Saat ini kita lakukan kegiatan anjangsana, supervisi, monitoring dan evaluasi luas panen padi unggul lokal varietas lungkung, varietas gilai dan varietas padi ketan di lahan kelompok tani wilayah binaan desa Maipe," ucapnya.

Menurutnya, hal tersebut dilakukan sebagai salah satu plot Kerangka Sampel Area (KSA). 

"Disamping itu kita lakukan pengubinan padi, serta kontrol debit air saluran irigasi sungai," jelasnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut turut bersinergi dengan BPP Paju Epat dan Badan Pusat Statistik (BPS) serta penyuluh pertanian wilayah binaan Desa Maipe, Ervina, para kelompok tani dan jajaran Pemerintah Desa Maipe.

"Tentunya kegiatan ini kita kakukan sebagai bentuk implementasi BPP Kostratani sebagai pusat jejaring kemitraan agribisnis di wilayah Kecamatan Paju Epat Kabupaten Barito Timur," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan kegiatan kontrol pertambahan berat badan harian itik petelur serta konversi pakan ternak itik petelur di kelompok tani.

"Kita berharap agar semua yang kita lakukan di Desa Maipe ini dapat bermanfaat," pungkasnya.[yovan]
Lebih baru Lebih lama