Persiapkan Data Daerah Ketahanan dan Kerentanan Pangan di Balangan, DKP3 Gelar Rakor Tim FSVA 2023

Persiapkan Data Daerah Ketahanan dan Kerentanan Pangan di Balangan, DKP3 Gelar Rakor Tim FSVA 2023

PARA Tim FSVA tengah mengikuti arahan dan paparan terkait penyususan data FSVA.| foto : istimewa

PARINGIN - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabuapten Balangan menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Tim Food Security and Vulnerability Atlas (FSVA).

Ini dilakukan guna mempersiapkan pemetaan daerah ketahanan dan kerentanan pangan di wilayah Kabupaten Balangan. Rakor digelar di Aula DKP3 Balangan, Rabu (13/9/2023).

Disampaikan oleh Kabid Ketahanan Pangan, Yulianti bahwa dalam kegiatan rapat koordinasi tersebut pihaknya membahas tentang tata cara pemetaan, tetang apa saja yang di perlukan dalam melakukan pemetaan dan lain-lain.

"Rapat tadi kita membahas mengenai tata cara penyusunan peta ketahanan dan kerentanan pangan," ujarnya.

Yanti melanjutkan bahwa setelah rapat koordinasi akan ada pengumpulan, pengolahan, analisa, penyajian hingga penetapan dan peyebarluasan data FSVA.

"Nanti akan ada beberapa tahapan yang perlu kita laksanakan seteah rapat koordinasi ini," lanjutnya.

Ia kembali menambahkan, mengenai susunan dari Tim FSVA adalah dari berbagai sektor terkait yang mana memiliki peran penting dalam penentuan indikator daerah ketahanan dan kerentanan pangan di wilayah Kabupaten Balangan.

"Ada beberapa instansi yang tergabung dalam tim FSVA yaitu Dinas Ketahan Pangan, Pertania dan Perikanan (DKP3) Balangan, Badan Statistik Kabupaten Balangan, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Balangan, Bappedalitbang Balangan, Dinas PUPRPerkim Balangan dan Dinkes Balangan," paparnya.

Terakhir Ia menyampaikan bahwa hasil akhir atau exspos dari FSVA tahun 2023 akan dilaksakan pada Bulan Desember 2023.

"Kita akan sampaikan hasil akhirnya dari berbagai tahapan pemetaan FSVA pada akhir tahun 2023," sampainya.[martino]
Lebih baru Lebih lama