STKOM Sapta Computer Balangan Gelar Pelatihan Desain Grafis

STKOM Sapta Computer Balangan Gelar Pelatihan Desain Grafis

PESERTA tengah mengikuti pembukaan pelatihan.| foto : martino

PARINGIN - Untuk peningkatan kualitas Sumberdaya Manusia (SDM) serta kewirausahaan di indonesia khususnya di Kabupaten Balangan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi bekerjasama dengan STKOM Sapta Computer Balangan menggelar Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) desain grafis di Aula Stkom Sapta Computer Haur Batu Kecamatan Paringin, Rabu (20/9/2023) pagi.

Kegiatan pelatihan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan yang diwakilkan oleh PNF Dinas Pendidikan, Munisih serta diikuti oleh peserta pelatihan berjumlah 30 orang yang berasal dari masyarakat umum yang ber-KTP Balangan.

Disampaikan oleh Ketua Stkom Sapta Computer Kabupaten Balangan, Slametno bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan bagi para masyarakat, serta dalam rangka mengurangi angka penganguran di Kabupaten Balangan.

"Jadi disamping mengurangi angka penganguran juga menambah lapangan baru, usaha-usaha baru terkait dengan desain grafis atau percetakan," jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, pelatihan akan dilaksakan selama dua bulan dan setelah para pesera selesai mengikuti pelatihan akan diberiakan dana untuk membuka usaha secara berkelompok dan mendapat pendampingan selama satu bulan.

"Kita akan bagi perkelompok setiap kelompok ada empat orang dan kita bukakan satu usaha yang di danai oleh kementrian," lanjutnya.

Ia juga melanjutkan bahwa kegiatan ini memiliki dana yang bersember dari APBN dan tidak membebani dana APBD Kabupaten Balangan.

"Dana berseumber dari APBN tanpa membebani APBD tetapi manfaatnya bisa di rasakan oleh Masyarakat Balangan," jelasnya.

Kemudian Ia melanjutkan, untuk narasumber sekaligus pelatih dari kegaiatan tersebut adalah dari tenaga ahli Stkom Sapta Komputer Balangan.

"Kita mempunyai 15 orang tenaga ahli di bidang komputer dan kita hadirkan dalam pelatihan ini tiga orang," ucapnya.

Terakhir Ia berharap pelatihan ini bisa membawa dampak baik bagi para peserta dan berharap para peserta bisa memanfaatkan keilmuan yang di dapat untuk berwirausaha demi peningkatan ekonomi di Kabupate Balangan.

"Harapan kami program ini dapat berjalan secara maksimal dan peserta didik bisa mengikutinya secara optimal pula dan setelah pelatihan bisa membuka usaha yang bermanfaat bagi masyarakat juga," harapnya.[martino]
Lebih baru Lebih lama