Kolaborasi, PWI Kotabaru bersama Disdikbud Gelar Jurnalis Masuk Sekolah

Kolaborasi, PWI Kotabaru bersama Disdikbud Gelar Jurnalis Masuk Sekolah


KOTABARU - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kotabaru berkolaborasi dengan PWI Kabupaten Kotabaru melakukan sosialisasi Jurnalis Masuk Sekolah tahun 2023, di SMP Negeri 3 Kabupaten Kotabaru, Senin (30/10/2023).

Dalam sosialisasi ini, Disdikbud Kotabaru langsung menghadirkan Ketua PWI Kotabaru, Ahmad Nurahsin Q bersama beberapa anggota PWI Kotabaru sebagai narasumber.

Kepala Disdikbud Kotabaru, Selamat Riyadi mengatakan, kegiatan ini sengaja difasilitasi untuk siswa SMPN 3 Kotabaru agar mereka menjadi anak didik yang bisa mendapatkan ilmu jurnalistik secara langsung dari wartawan.

"Alhamdulillah, selama kegiatan ini berjalan dengan lancar, dan insya Allah kegiatan ini akan berlanjut di SMP lainnya, bahkan sampai dengan SMP yang ada di Kecamatan lainnya," tutur Selamat.

Dia berharap ke depannya juga akan diadakan pendidikan jurnalistik untuk para guru sekolah yang ada di Kotabaru, termasuk juga lomba terkait jurnalistik.

Ditambahkan Sekretaris Disdikbud Kotabaru, Taufikurrahman, dengan adanya Jurnalis Masuk Sekolah ini, diharapkan pelajar khususnya di SMP Negeri 3 Kotabaru dapat memahami apa itu jurnalis dan juga tugas seorang jurnalis.

"Untuk itu, saya berpesan kepada para pelajar SMP Negeri 3 Kabupaten Kotabaru yang mengikuti kegiatan sosialisasi tentang jurnalistik pada hari dapat mengetahui tentang kegiatan seorang Jurnalis,” ungkap Taufikurrahman.

Sementara, Ketua PWI Kotabaru, Ahmad Nurahsin Q menyampaikan, kegiatan kolaborasi Disdikbud Kotabaru bersama PWI Kotabaru mengusung tema "Jurnalis Masuk Sekolah dengan Memberikan Pemahaman Terhadap Siswa tentang Ilmu Kejurnalistikan".

"Kegiatan ini sebagian dari upaya dinas untuk memberi pemahaman terhadap siswa tentang berita hoax, dan kami sebagai Jurnalistik menyambut baik apa yang di rumuskan oleh pihak Dinas Pendidikan," ujarnya.

Ia berpesan ke depannya para siswa bisa mengerti tentang ilmu dasar-dasar jurnalis, dan diharapkan apa yang telah diberikan dapat bermanfaat bagi para pelajar.

"Sebagai narasumber, PWI Kotabaru memberikan materi tentang tata cara membuat berita yang baik, wawancara yang benar dan mengolah fakta menjadi berita yang layak di sebarluaskan pada masyarakat luas," tukasnya.

Tampak para pelajar sangat antusias mengikuti sosialisasi ini, termasuk juga semangat mengikuti sesi tanya jawab serta praktik wawancara.[zainuddin]


Lebih baru Lebih lama