Jahidin Nilai Kebakaran Hutan Disebabkan Dua Faktor, Alam dan Manusia

Jahidin Nilai Kebakaran Hutan Disebabkan Dua Faktor, Alam dan Manusia

SAMARINDA - Penyebab kebakaran hutan tidak hanya terjadi lantaran pengaruh kemarau. Akan tetapi juga terkadang disebabkan oleh unsur kesengajaan masyarakat yang memang usil ataupun atas kelalaian sendiri.

Hal itu disampaikan oleh Anggota Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Jahidin. Ia mengatakan kebakaran hutan yang disebabkan oleh ulah manusia tentunya sangat memprihatinkan jika mengingat Indonesia dahulu merupakan paru-paru dunia karena sebagian besar hutan dunia ada di Indonesia.

“Tidak semua kebakaran hutan di Kaltim disebabkan oleh masyarakat, terkadang juga pemicunya karena pengaruh batu bara. Sehingga, api itu tumbuh sendiri dari pengaruh panas tersebut,” ungkapnya di Kantor Sekretariat DPRD Kaltim beberapa waktu lalu.

Ia mengungkapkan, pengamanan terhadap masyarakat penyebab kebakaran hutan, baik atas kelalaian maupun adanya unsur kesengajaan, telah memiliki prosedur Undang-Undang yang menangani.

“Prosedur Undang-Undangnya, ancaman pidana sudah pasti lebih dari 5 tahun dan itu bisa menjadi efek jera bagi mereka yang sembrono,” jelasnya.

Tambahnya, selain peran dari aparat penegak hukum juga diperlukan peran dari Dinas Kehutanan untuk melakukan pengawasan, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

“Pencerahan sosialisasi kepada masyarakat itu perlu, karena tidak semua masyarakat paham. Jadi kita perlu untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada mereka,” pungkasnya.[adv]
Lebih baru Lebih lama