Antisipasi Konflik di Daerah, Badan Kasbangpol Luncurkan ini

Antisipasi Konflik di Daerah, Badan Kasbangpol Luncurkan ini

SALAH satu kegiatan sosialisasi oleh Badan Kasbangpol.| foto : istimewa

PARINGIN - Sikanda (Sistem Informasi Kewaspadaan Dini di Daerah) meruapakn sebuah inovasi milikik Badan Kesbangpol Kabupaten Balangan yang sudah dibentuk sejak tahun 2023.

Disampaikan oleh inovator Sikanda, Sairil Fajeri, bahwa tujuan dari inovasi ini adalah untuk dijadikan media untuk melakukan pelaporan terkait situasi terkini di daerah Kabupaten Balangan.

"Ini sebagai sarana bagi anggota tim kewaspadaan dini, pemerintah daerah dan tim komunikasi dan kewaspadaan dini untuk menyampaikan laporan," jelasnya, melalui Whatsapp, Sabtu (2/12/2023).

Fajeri juga mengatakan, bahwa saat ini inovasi Sikanda masih berbentuk website dan kedepannya akan diusahakan untuk menjadi sebuah aplikasi.

"Saat ini kita masih berbentuk website dulu dan masih berbayar juga untuk hostingnya," katanya.

Ia menambahkan untuk kendala yang masih ada di inovasi Sikanda adalah tim yang masih belum terlalu paham penggunaan inovasi ini.

"Untuk kendala di lapangan lebih ke anggota tim dan nantinya perlu kita beri pelatihan," tambahnya.

Ia kemudian menjelaskan untuk inovasi Sikanda memiliki admin dua orang yang bertugas memonitor data laporan, verifikator lima orang yang bertugas memverifikasi laporan.

"Petugasnya ada admin dua orang dan verifikator lima orang," terangnya.

Terakhir ia berharap kedepannya inovasi ini bisa menjadi aplikasi berbasis online agar para pengguna bisa lebih mudah memakainya.

"Jadi perencanaan 2024, kita jadikan aplikasi yang bisa didownload di play store dan berharap lagi bisa samapai IOS," harapnya.[martino]
Lebih baru Lebih lama