Pj Bupati Barsel Laporkan Kinerja Triwulan II ke Kemendagri

Pj Bupati Barsel Laporkan Kinerja Triwulan II ke Kemendagri


BUNTOK – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Deddy Winarwan menyampaikan laporan kinerja Penjabat Kepala Daerah Triwulan II di Kantor Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI, Jakarta pada 23 November 2023 lalu.

Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 4 tahun 2023, Pasal 18, Pasal 20, Pasal 21, dan Pasal 22 tentang Penjabat Gubernur, Penjabat Bupati, dan Penjabat Wali Kota, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melaksanakan Evaluasi Kinerja atas pelaksanaan tugas Penjabat (Pj) Kepala Daerah.

Kemendagri melalui Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI, melakukan penilaian kepada para Pj Kepala Daerah. Pelaksanaan evaluasi kinerja atas pelaksanaan tugas Pj Kepala Daerah tersebut dilaksanakan setiap tiga bulan sekali atau per triwulan.

Deddy menyampaikan sejumlah capaian kinerja yang telah dilakukan di hadapan tim Evaluator Kemendagri dan juga menjawab pertanyaan yang diberikan oleh para tim evaluator terkait kinerja penjabat Bupati Barsel, terutama capaian 10 aspek.

"Sepuluh aspek itu, antara lain inflasi, stunting, BUMD, layanan publik, pengangguran, kemiskinan ekstrem, kesehatan, serapan anggaran, kegiatan unggulan, dan perijinan. Keseluruhan aspek tersebut mencerminkan elemen-elemen penting yang dapat dievaluasi untuk mengukur kinerja dan efektivitas pemerintah daerah," ungkapnya, Jumat (1/12/2023).

Menurut Deddy, kegiatan dilakukan untuk evaluasi tiga bulan kedua baik  dari aspek pemerintahan, aspek pembangunan, dan aspek kemasyarakatan dengan dilihat dari beberapa indikator kemajuannya.

"Ke depan kita akan terus meningkatkan kinerja Pemkab Barsel bersama seluruh ASN yang semakin solid, maka kepada seluruh jajaran perangkat daerah," jelasnya.

Ia mengharapkan agar terus meningkatkan kinerja pelayanan publik, dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Melalui perbaikan kualitas pelayanan publik dan peningkatan daya saing daerah," pungkasnya.[adv/tomi]

Lebih baru Lebih lama