Selamat Pagi, Inovasi Dari UPT Puskesmas Juai

Selamat Pagi, Inovasi Dari UPT Puskesmas Juai

KEGIATAN pengecekan pada balita di wilayah kerja UPT Puskesmas Juai.| foto : istimewa

PARINGIN - Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Puskesmas Kecamatan Juai miliki sebuah inovasi Selamat Pagi (Sentral Keselamatan dan Pelayanan Gizi) yang dibentuk sejak tahun 2022.

Disebutkan oleh inovator Selamat Pagi, Ma'rup, bahwa awal terbentuknya inovasi, karena melihat data stunting di Kecamatan Juai masih tinggi.

"Kita melihat angka stunting di wilayah Puskeamas Juai yang masih tinggi 18,72%," sebutnya pada saat di konfirmasi melalui Whatsapp, Rabu (6/12/2023).

Ia kembali melanjutkan, untuk tujuan daru inovasi ini tentunya adalah untuk mengetahui faktor-fakor di lapangan yang menjadikan angka stunting di Kecamatan Juai mencapai persentasi yang terbilang cukup tinggi.

"Tujuan kita membentuk inovasi adalah mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabakan kejadian stunting di wilayah kerja Puskesmas Juai," lanjutnya.

Ma'rup pun memaparkan tentang metode yang pihaknya lakukan melaui inovasi Selamat Pagi dengan melakukan kunjungan langsung ke rumah balita dengan status gizi yang bermasalah.

"Kita melakukan kunjungan rumah ke balita dengan status gizi nya bermasalah seperti stunting atau wasting, selanjutannya kita mengunakan kuisioner melakukan pertanyaan langsung kepada orang tua balita," paparnya.

Ia juga menyampaikan mengenai tanggapan dan respon masyarakat sangat baik serta berharap kedepannya pihaknya bisa lebih tepat dalam melakukan pencegahan serta penurunan angka stunting di wilayah kerja Puskesmas Juai.[martino]
Lebih baru Lebih lama