UPT Puskesmas Lampihong, Berikan Sebuah Inovasi Guna Penurunan Angka Hipertensi

UPT Puskesmas Lampihong, Berikan Sebuah Inovasi Guna Penurunan Angka Hipertensi

KEGIATAN pemeriksaan pasien hipertensi.| foto : ilustrasi

PARINGIN - Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Puskesmas Lampihong berikan sebuah inovasi guna optimalisasi pencegahan hipertensi melalui penyuluhan di posyandu lansia.

Disampaikan oleh inovator dari inovasi tersebut, Karleni Trianti, awal mula terbentuk adalah melihat dari data 2021 puskesmas, hipertensi selalu menjadi penyakit PTM pertama tertinggi. Setelah dilihat data menurut orang ternyata penyakit Hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Lampihong banyak diderita oleh lansia.

"Awalnya kita melihat data di lapangan, sehingga muncullah ide untuk mengoptimalisasikan penyuluhan di posyandu lansia dengan media video untuk penyuluhan kelompok dan leaflet sebagai alat konseling individu terhadap penderita hipertensi," sampainya saat di konfirmasi melalui Whatsapp, Minggu (4/12/2023).

Ia juga menyampaikan mengenai tujuan dari kegiatan ini yaitu menurunkan angka hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Lampihong terutama hipertensi pada lansia.

"Tujuan kita tentunya untuk menurunkan angka hipertensi pada para lansia di daerah kita," katanya.

Terakhir ia berharap agar inovasi ini bisa terus berjalan dan memberikan dampak baik bagi masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Lampihong.

"Harapannya semoga kegiatan ini terus berjalan dan berkembang, serta harapannya semoga kegiatan ini benar-benar bisa membantu menurunkan angka hupertensi di wilayah kerja Puskesmas Lampihong," harapnya.[martino]
Lebih baru Lebih lama