Buka Gelar Paguyuban, Pj Bupati Kapuas: Dalam Seni Budaya Terkandung Nilai kebersamaan

Buka Gelar Paguyuban, Pj Bupati Kapuas: Dalam Seni Budaya Terkandung Nilai kebersamaan

SEKDA Kabupaten Kapuas, Septedy saat membuka Gelar Budaya Paguyuban.| foto : humas diskominfo

KUALA KAPUAS - Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Kapuas, Erlin Hardi diwakili  Sekretaris Daerah (Sekda), Septedy, membuka Gelar Budaya Paguyuban Keluarga Wong Jowo “Sasono Karyo” Kabupaten Kapuas,  di areal komplek Stadion Panunjung Tarung Kuala Kapuas, Jalan Maluku, Sabtu (6/1/2024).

Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi dalam sambutan dibacakan Sekda  mengatakan sangat mengapresiasi dan mendukung atas terselenggaranya kegiatan Gelar Budaya sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa dalam mendukung budaya kearifan lokal yang ada di Kabupaten khususnya Kabupaten Kapuas.

“Pagelaran Seni Budaya ini bukan semata-mata untuk ditonton, tetapi di dalam seni budaya itu terkandung nilai-nilai kebersamaan, kekompakan dan keserasian sehingga menciptakan sesuatu yang indah,” kata Pj Bupati dalam sambutannya.

Ia mengharapkan peran serta sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat.

“Diharapkan melalui kesenian dan kuliner tradisional yang terdapat di berbagai daerah di Indonesia harus tetap Lestari dan dijaga jangan sampai punah, dengan memberikan kesempatan pada seni budaya tradisional untuk berkembang," kata Septedy.

Pj Bupati juga berharap kegiatan Gelar Budaya seperti ini dapat dijadikan wahana untuk menumbuhkan semangat dan motivasi dalam upaya menggali, melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya yang hidup dan tumbuh serta berkembang di dalam kehidupan masyarakat.

“Semoga kegiatan seperti ini bisa berkelanjutan menjadi kegiatan rutin sebagai ajang silaturahmi dan kebersamaan paguyuban di wilayah Kabupaten Kapuas,” ucapnya.

Pada kegiatan Gelar Budaya Paguyuban Keluarga Wong Jowo “Sasono Karyo” Kabupaten Kapuas yang berlangsung selama 2 hari pada 6 hingga 7 Januari 2024 ini juga terdapat stand-stand kuliner UMKM dari beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas yang menyediakan makanan-makanan tradisional khas jawa juga kerajinan kerajinan yang beranekaragam.

Hadir pada kegiatan tersebut Dandim 1011/klk Letkol Inf Khusnun Dwi Putranto, Wakapolres Kapuas Kompol Christian M.T., Siregar, Kepala Pengadilan Agama Kapuas Suharja, Kepala OPD Lingkup Pemda Kapuas, Ketua Paguyuban Keluarga Wong Jowo “Sasono Karyo” Kabupaten Kapuas Sidik Widiantoro, para pengurus Paguyuban, Pengurus DPD KNPI Kabupaten Kapuas, tokoh adat, serta tamu undangan lainnya.[surya/adv]
Lebih baru Lebih lama