BLK Kotabaru Bekali Pencari Kerja dengan Pelatihan Berbasis Kompetensi

BLK Kotabaru Bekali Pencari Kerja dengan Pelatihan Berbasis Kompetensi


KOTABARU - Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kotabaru melalui UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) menggelar pelatihan berbasis kompetensi bagi pencari kerja di Aula BLK Kotabaru, Rabu (29/5/2024). 

Pelatihan ini diikuti sebanyak 96 peserta, terbagi 4 kejuruan yang merupakan lulusan SMA sederajat seperti jurusan komputer, administrasi, teknik listrik, teknik las, dan otomotif. 

Sekretaris Daerah Kotabaru, Drs H Said Akhmad saat membacakan sambutan Bupati Kotabaru menyampaikan, pelatihan berbasis kompetensi ini memiliki potensi penting untuk mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten, yaitu kemampuan untuk menguasai serta menerapkan pengetahuan dan keterampilan di tempat kerja. 

"Ini salah satu dunia ketenagakerjaan yang selalu dihadapkan pada masalah klasik, berupa kurangnya kesempatan kerja serta rendahnya produktivitas etos kerja dan kompetensi yang dimiliki pencari kerja. Serta sebagai instrumen pengembangan sumber daya manusia," ucapnya. 

Diharapkan dapat mentransfer pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang produktif, sehingga mampu melahirkan SDM yang berkualitas, sehingga ini mengurangi pengangguran yang ada di Kotabaru. Tidak kalah penting adalah kebutuhan daerah dengan perusahaan yang ada di Kotabaru. 

"Begitu mereka lulus nanti dan memiliki keterampilan bisa langsung ditempatkan sesuai kebutuhan perusahaan. Dan keterampilan didapat melalui pengembangan dan penyesuaian program pelatihan yang dilaksanakan oleh BLK ini," paparnya. 

Sementara itu, Plt Kepala Disnakertrans Kotabaru, Halim Perdana Putra mengatakan, BLK Kotabaru ini mempunyai anggaran untuk pelatihan dalam satu tahunnya, karena Kotabaru merupakan penyangga IKN terdekat.

Halim berharap kepada Pemerintah Kabupaten Kotabaru agar bisa mengalokasikan anggaran yang lebih besar untuk mendukung sarana dan prasarana pelatihan di BLK Kotabaru, di mana BLK adalah salah satu cara dan solusi untuk meningkatkan kualitas SDM yang ada di Kotabaru.[zainuddin]
Lebih baru Lebih lama