Kepala Disarpustaka Kapuas Ajak Pramuka Tingkatkan Budaya Literasi

Kepala Disarpustaka Kapuas Ajak Pramuka Tingkatkan Budaya Literasi

DISARPUSTAKA Kapuas dikunjungi Gesang Merapi Kwarcab Pramuka Kapuas.| foto : hmskmfokps

KUALA KAPUAS - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas, mendapat kunjungan anak-anak Pramuka Kwarcab Kapuas yang terhimpun dalam Gelar Sang Merah Putih atau Gesang Merapi, Jumat (17/5/2024).

Kepala Disarpustaka Kapuas, Dr. H. Suwarno Muriyat yang juga sekaligus merupakan Ketua Kwarcab Pramuka Kapuas pada kesempatan itu mengajak anak-anak Pramuka meningkatkan budaya literasi  sehingga memiliki wawasan yang luas.

Sebab Literasi adalah pintu menuju masa depan yang cerah karena dengan membaca, tidak hanya mendapatkan pengetahuan, tetapi juga membuka wawasan.

Sebelumnya di kegiatan Gesang Merapi Kawarcab Gerakan Pramuka Kapuas ini digelar di lapangan Bukit Ngalangkang Kapuas.

"Gerakan Pramuka bertujuan membentuk setiap Pramuka memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa," kata Suwarno Muriyat di hadapan 642 Pramuka Penggalang dan Penegak se Kota Kuala Kapuas.

Dilanjutkannya, prinsip dasar dan metodik kepramukaan (PDMK) agar Pramuka memiliki berkecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan. 

Disampaikan pula materi Teknik Kepramukaan (Tekpram), Syarat Kecakapan Umum dan Khusus juga berselancar di dunia maya melalui Pojok Baca Digital (Pocadi) aplikasi iKapuas dan membaca buku agar semakin meningkat budaya literasi Pramuka serta mengetahui tatacara pengelolaan kearsipan secara digital dan korespondensi tanpa kertas melalui Aplikasi Srikandi," jelas H. Suwarno Muriyat

Kadis Disarpustaka ini juga mengajak kepada Pramuka Kapuas untuk terus meningkatkan prestasi dan potensi dalam segala bidang agar nantinya dapat menjadi kader pembangun bangsa khususnya memajukan Kabupaten Kapuas.[surya/adv]

Lebih baru Lebih lama