Pj Bupati Kapuas Resmikan Jembatan Pasar Senin di Kecamatan Kapuas Timur

Pj Bupati Kapuas Resmikan Jembatan Pasar Senin di Kecamatan Kapuas Timur

PJ BUPATI Kapuas, Erlin Hardi didampingi  Forkopimda saat meresmikan jembatan Pasar Senin di Kec. Kapuas Timur.| foto : istimewa

KUALA KAPUAS - Pejabat (Pj) Bupati Kapuas, Erlin Hardi didampingi Forkopimda meresmikan Jembatan Pasar Senin di Desa Anjir Serapat Tengah kilometer 11, Kecamatan Kapuas Timur, Kabupaten Kapuas, Senin (3/6/2024).

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Erlin dengan disaksikan masyarakat setempat.

Dibangunnya jembatan berkonstruksi baja yang menghubungkan sungai Anjir Serapat ini bertujuan agar mempermudah roda perekonomian masyarakat sekitar dan mempermudah akses tempuh untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

"Tentunya kita bersyukur bahwa pada hari ini kita sudah melaksanakan peresmian Jembatan Pasar Senin. Dengan adanya jembatan penyeberangan ini lebih melancarkan akses masyarakat kita. Dengan lancarnya akses ini nantinya aktivitas masyarakat lebih mudah, kemudian di dalam peningkatan ekonomi kita lebih mudah," kata Erlin.

Ke depannya lanjut Pj Bupati, infrastruktur yang telah dibangun ini bisa bermanfaat bagi kita semua dan mempermudah akses lalu lintas orang dan barang.

"Kita harapkan peran serta masyarakat untuk memelihara jembatan yang sudah kita bangun. Tentunya pemerintah daerah akan selalu memperhatikan infrastruktur di daerah mana lagi yang dibutuhkan," pungkas Erlin.

Masyarakat setempat pun antusias menyaksikan peresmian jembatan tersebut. Di mana selama ini untuk mengakses ke seberang, mereka harus melewati jembatan lama yang kondisinya sudah kurang layak.

Sebelumnya, Kepala Dinas PUPR-PKP Kapuas, Yan Hendri Ale mengatakan, jembatan tersebut dibangun selama tiga tahap anggaran. 

“Mulai pada Tahun Anggaran 2019, yakni pekerjaan pengadaan dan pemancangan tiang, lalu 2021 untuk lanjutan tiang pancang dan abudment serta pada 2023, untuk pekerjaan atas, rangka baja, lantai dan oprit hingga selesai,” kata Ale, sapaan akrab Kadis PUPR-PKP Kapuas ini.

Dilanjutkannya saat menyampaikan laporan pelaksanaan, jembatan dibangun dengan panjang 47 meter dan lebar 5 meter. 

“Konstruksi jembatan ini merupakan tipe standar yang dikembangkan dengan tujuan mempunyai umur pemakaian yang lebih lama dibandingkan tipe jembatan baja girder,” katanya.

“Total anggaran pekerjaan Rp9,4 miliar. Rinciannya tahap satu yakni 1,3 miliar, tahap dua 2,2 miliar dan tahap 3 nya 5,9 miliar,” sambungnya.

Kadis PUPR-PKP Kapuas pun mengatakan penyelesaian insfrastruktur terus digenjot oleh Pemkab Kapuas. 

“Tak lepas dukungan Pj Bupati Kapuas yang terus mendorong cepat aksesibilitas di Kabupaten Kapuas, untuk mempermudah akses masyarakat secara keseluruhan di Kabupaten Kapuas,” ungkapnya. 

Masih Kadis PUPR-PKP, pembangunan jembatan itu tak lepas juga hasil perjuangan legislator Kapuas, H Ahmad Baihaqi yang terus mengawal di DPRD Kapuas. 

“Hasilnya, untuk dinikmati bersama oleh masyarakat semua,” pungkasnya. 

Sementara itu, Anggota DPRD Kapuas, H Ahmad Baihaqi mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Pj Bupati Kapuas dan jajarannya.

“Kami atas nama perwakilan yang mewakili masyarakat, akan terus menyampaikan aspirasi masyarakat, dan kami berterimakasih pemerintah daerah telah merealisasikan apa yang kami sampaikan, satu diantaranya telah dibangun jembatan ini,” ungkap H Ahmad Baihaqi.[surya/adv]

Lebih baru Lebih lama