Dewan Nilai Serapan Anggaran Disdik Sudah Maksimal

BANJARMASIN - Penyerapan anggaran yang dilakukan Dinas Pendidikan (Disdik) Banjarmasin dinilai Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin dinilai maksimal. Ini terungkap dalam rapat kerja pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Walikota Banjarmasin 2019.

Ketua Komisi IV DPRD Banjarmasin, Matnor Ali F, Sabtu (16/5/2020) mengatakan, Disdik Banjarmasin dinilai sudah maksimal dalam memaksimalkan anggarannya, baik keuangan maupun fisik selama 2019.

Sedangkan untuk penggunaan angaran keuangan, lanjutnya, penyerapannya cukup besar, yakni  mencapai 88 persen. Sementara untuk fisik, jauh lebih besar mencapai 92 persen.

"Ada beberapa item kegiatan fisik dan keuangan masih tertunda tahun sebelumnya, yaitu untuk fisik misalnya pembangunan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB). Sedangkan untuk keuangan adanya efisiensi dana sertifikasi tenaga pendidik, secara umum angaran diserap secara maksimal," paparnya kepada wartawan usai rapat.

Politisi Partai Golkar ini menegaskan, pihaknya minta beberapa kegiatan yang tertunda 2019 lalu dilanjutkan tahun ini, karena kembali dianggarkan pada 2020. Kemudian pihaknya akan melakukan evaluasi, serapan anggaran 2020 setiap tiga bulan sekali.

Untuk 2020 memang triwulan pertama belum maksimal karena wabah virus Corona ini, tetapi pihaknya tetap meminta anggaran 2020 dapat terserap secara maksimal.

”Terlebih anggaran fisik yang jumlahnya sangat mempengaruhi, serapan anggaran tahun ini,” tegasnya.

Lebih jauh dijelaskannya, untuk program 2020 salah satu yang harus dipersiapkan adalah penerimaan siswa baru secara online di mana pelaksanaan pada Juni nanti. Artinya disdik perlu persiapan yang matang, agar tidak ada kendala disaat pelaksanan nanti.

Selain Disdik, sambung Matnor Ali, pihaknya akan melanjutkan rapat kerja pembahasan LKPj ini, dengan beberapa mitra kerja lain, seperti Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Bagian Kesra Setdakot Banjarmasin.

Karena, mitra kerja Komisi IV secara umum langsung bersentuhan dengan kepentingan masyarakat. Dengan demikian tugas pihaknya yang duduk di Komisi IV ini, melakukan pengawasan secara maksimal dan mengevaluasi semua serapan anggaran. Ini agar terserap secara maksimal untuk kepentingan masyarakat.

“Berhubungan tugas komisi IV sangat bersentuhan dengan kebutuhan masyarakat, tentunya pihaknya pengawasan dan eveluasi sedikit ketat dalam melaksanakannya,” jelasnya.[toso]

Posting Komentar

0 Komentar