Sinergi BBPP Binuang, P4S dan Penyuluh Cetak Petani Milenial

PALANGKA RAYA - Salah satu upaya Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang untuk menjadikan Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) mampu mengembangkan kelembagaannya menjadi besar, dalam menjalankan fungsi pengembangan SDM adalah dengan menggandeng penyuluh pertanian 

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) akan mudah untuk memberikan perhatiannya. Sebagai contoh, bantuan-bantuan yang diberikan pemerintah akan ditujukan melalui P4S.

Salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) BPPSDMP, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang dengan wilayah kerja pembinaan se-Kalimantan. Tahun 2020 melaksanakan pembinaan ke beberapa P4S ini sebagai langkah untuk menumbuh kembangkan kelembagaan P4S. 

Pembinaan ini berupa pengembangan untuk pelatihan yang diarahkan untuk meningkatkan kemampuan dan menerapkan metodologi terhadap pelaku-pelaku usaha atau petani yang berada di sekitar wilayah P4S.

P4S Harapan adalah salah satu yang mendapat perhatian dan bimbingan dari Pemerintah berlokasi di jalan pasir panjang RT 05 RW I Kelurahan Kereng Bangkirai Kecamatan Sebangau Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Ketua P4S Harapan, Slamet Riyadi, Jumat (5/6/2020) menerangkan, dirinya membangun sebuah agrowisata dengan hanya memanfaatkan lahan seluas 2,5 hektare dan ditanami aneka macam tanaman hortikultura seperti jambu, lengkeng, jeruk kedondong, mentawa dan pembibitan tanaman hortikultura. 

Penyuluh pendamping, Septia Ningsih selalu aktif mendampingi dan bekerja sama dengan P4S Harapan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan SDM pertanian di wilayah setempat.

Dapat di pastikan P4S menjadi kuat adalah tidak luput dari peran dan dukungan penyuluh pertanian setempat.

“Hasil panen dari kebun tersebut dijual dilokasi kebun, pembeli datang membeli buah-buahan sambil menikmati keindahan kebun,” jelas Septia.

“Strategi pemasaran tersebut  sangat ampuh terbukti mampu menarik pengunjung setiap bulan lebih dari 100 orang dengan omset penjualan rata rata 25 juta setiap bulan,” imbuhnya lagi.

Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si pada saat penyerahan bantuan berpesan agar Penyuluh dan P4S terus tetap berkontribusi dalam pembangunan pertanian dan mampu menggerakkan perekononiam desa melalui P4S ini. 

“Penyuluh dan P4S Harapan lebih giat lagi berkolaborasi guna membangun SDM pertanian, petani milenial, siswa magang dan masyarakat yang berminat dalam pertanian,” pungkas Yulia.

Bersamaan dengan kunjungan ini, Yulia juga menyerahkan bantuan sarana pembelajaran kepada P4S Harapan berupa 1 unit LCD Projektor, 1 Unit Laptop dan 1 unit layar LCD.[advertorial]