Sukses, Kelompok Pemuda Tani Kreatif Ini Kirim 2 Kontainer Gaplek

BERAU - Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Berau melakukan kunjungan lapangan sekaligus pembinaan kepada Kelompok Pemuda Tani Kreatif “Bina Karya” di Kampung Bukit Makmur Kecamatan Sedah Kabupaten Berau, Rabu (16/9/2020). 

Kelompok Pemuda Tani Kreatif ini sendiri dibentuk pada 21 Februari 2019 dengan Ketuanya, Nurjaenal.  Hingga kini anggota kelompok ini berjumlah 27 orang.

Dalam kesempatan tersebut, Nurjaenal menyampaikan bahwa salah satu tantangan dalam pengembangan sector pertanian adalah Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).  

Menurutnya, diperlukan SDM yang masih muda, inovatif dan kreatif dalam mengatasi kemajuan teknologi bidang pertanian pada era persaingan global saat ini. 

"Hal ini bisa diwujudkan jika generasi sungguh-sungguh menekuni dunia agribisnis," jelasnya.  

Ia mengatakan, agribisnis atau bisnis pada sektor pertanian tidak akan pernah surut, sehingga bisa menjadi sebuah peluang usaha yang terbuka luas, baik dalam hal aspek penyediaan, distribusi ataupun konsumsi.

Kelompok Pemuda Tani Kreatif “Bina Karya” bergerak dalam bidang usaha pertanian, perdagangan, perindustrian dan pariwisata. 

Sedangkan untuk sektor pertanian, saat ini Kelompok Pemuda Tani Kreatif “Bina Karya" bergerak di bidang agribisnis singkong yang meliputi budidaya singkong, pengolahan, pasca panen dan penjualan hasil olahan berupa gaplek.

Gaplek yang diproduksi sendiri dipasarkan untuk memenuhi kebutuhan, baik kebutuhan di daerah Berau sendiri ataupun untuk mencukupi kebutuhan di luar daerah.  

Pada pertengahan Juli tahun 2020 dilakukan pengiriman perdana gaplek sebanyak 2 kontainer dengan tujuan Kediri Jawa Timur.[adv]

Posting Komentar

0 Komentar