Optimis, Produksi Jagung Kotabaru terus Meningkat

Optimis, Produksi Jagung Kotabaru terus Meningkat

KOTABARU merupakan salah satu kabupaten penyangga pangan daerah Kalimantan Selatan dan sekitarnya, khususnya untuk komoditas pangan jagung.

Kabupaten Kotabaru sendiri tercatat sebagai daerah penghasil terbesar kedua jagung, setelah Kabupaten Tanah Laut di Provinsi Kalimantan Selatan. 

Berdasarkan data BPS yang dikutip dari laporan Kalimantan Selatan dalam Angka Tahun 2019, Kotabaru telah memproduksi jagung sebesar 167.046 ton.

Kecamatan Hampang adalah salah satu kecamatan produsen jagung yang memiliki kontribusi cukup besar dalam produksi jagung di Kabupaten Kotabaru.

Bertempat di Desa Pramasan 2 x 9, Kecamatan Hampang, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, Poktan Rukun Makmur dipimpin oleh Ketua Poktan Sutaryo menyampaikan, panen jagung kali ini memiliki produktivitas > 6 ton per hektare.

Dalam kegiatan panen jagung ini turut hadir Kadis Pertanian Kotabaru Hairuddin, Camat Hampang, Babinsa Hampang, Kepala Desa Pramasan 2 x 9 dan PPL setempat melakukan panen raya jagung seluas 60 hektare. 

Pada kesempatan tersebut, Kadis Hairuddin menyampaikan, panen jagung tahun ini harus terus ditingkatkan produktivitasnya dan juga dalam rangka menyambut Hari Tani Nasional.

"Produktivitas jagung tahun ini mencapai angka > 6.0 ton per hektare sehingga kami optimis bahwa produksi jagung tahun ini dan mendatang akan meningkat dibandingkan tahun lalu," ungkapnya.

Hal tersebut senada dengan arahan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL). "Kita harus pastikan produksi jagung cukup sesuai kebutuhan bulanan," jelas SYL.

"Luas tanam kita tingkatkan, tapi produktivitas juga harus bagus. Apa yang kita lakukan hari ini bahwa Indonesia tidak boleh mengatakan ada tantangan dalam mengadakan pangan. Dalam keadaan apapun pertanian kita harus tangguh. Produksi pangan hingga saat ini dan ke depan aman," kata Mentan Syahrul.

Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan produksi jagung tahun 2020 lebih tinggi dari tahun lalu demi mengamankan pasokan jagung dalam negeri.

Pemerintah terus menggalakkan program upaya khusus dalam rangka meningkatkan produktivitas dan produksi Pajale termasuk jagung. Bantuan benih, saprodi dan alsintan terus digelontorkan oleh Kementerian Pertanian dalam upaya menjaga produksi pajale.[adv]
Lebih baru Lebih lama