Kedaulatan Pangan, DPUPR Tanbu Laksanakan Sidang Komisi Irigasi

BATULICIN – Dibuka Plt Asisten Ekonomi dan Pembangunan, H Rahmat, Sidang Komisi Irigasi digelar Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tanah Bumbu di Gedung TP PKK Tanbu, Senin (16/11/2020).

Bupati Tanbu Sudian melalui Rahmat mengatakan menyambut baik dilaksanakannya Sidang Komisi Irigasi 2020. Melalui sidang ini, para peserta dapat mendiskusikan Rencana Tata Tanam Global (RTTG) dan Rencana Tata Tanam Detail (RTTD) serta permasalahan irigasi yang menjadi kendala di Bumi Bersujud.

“Melalui Sidang Komisi Irigasi ini diharapkan arencana tanam di Tanbu bisa serentak dilaksanakan,” harapnya.

Menurutnya, sektor pertanian di Tanbu masih mengandalkan tadah hujan. Artinya rencana tanam masih sangat tergantung dari musim hujan.

Untuk itu, Pemkab Tanbu sangat berharap komitmen semua pihak, terkhusus kepada para peserta Sidang Komisi Irigasi untuk melakukan berbagai upaya dalam menentukan langkah-langkah yang harus dilakukan.

Ini tak lain guna memberikan rekomendasi penyelesaian permasahan irigasi yang ada di daerah ini, sehingga dapat mewujudkan kedaulatan pangan di Tanbu.

Kepala DPUPR Tanbu melalui Kabid Sumber Daya Air, Hendra Jaya menyampaikan, tujuan dilaksanakannya Sidang Komisi Irigasi 2020, yaitu untuk mensosialisasikan peran Komisi Irigasi dalam pengelolaan jaringan irigasi.

Kemudian untuk menentukan dan merumuskan pola tanam dan rencana tata tanam tahun 2021, mengevaluasi hasil tata tanam tahun 2020, serta mendapatkan informasi cuaca tahun 2021.

Tujuan lainya, lanjutnya, untuk menentukan daerah irigasi prioritas dalam penyusunan dokumen RP2I, merumuskan rencana tahunan penyediaan pembagian dan pemberian air irigasi yang efesien bagi pertanian dan keperluan lainnya.

Juga membahas dan memberikan pertimbangan dalam mengatasi permasalahan daerah irigasi akibat kekeringan, kebanjiran, dan bencana alam lainnya.

Sidang Komisi Irigasi dihadiri Bappeda, PUPR, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Kepala Satuan Meteorologi Gusti Syamsir Alam Kotabaru, PDAM Bersujud, Balai Penyuluh Pertanian, Perkumpulan Petani Pemakai Air, Konsultan Pendukung Pelaksana IPDMIP, dan Tim ISAI Regional 5 Kalsel.[joni]