Balangan Siapkan Langkah Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19

PARINGIN - Satgas Covid-19 Kabupaten Balangan kembali menggelar rapat koordinasi untuk menyikapi perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia, terlebih di Kalimantan Selatan khususnya Kabupaten Balangan. 

Rapat yang digelar di Aula Benteng Tundakan Pemkab Balangan, Kamis (8/7/2021) dipimpin langsung oleh Bupati Abdul Hadi serta dihadiri instansi dan stakeholder terkait mulai dari SKPD hingga kecamatan, kemudian juga hadir dari Kodim 1001 Amt/Blg, Polres Balangan, Kejari Balangan. 

Usai memimpin rapat Abdul Hadi mengatakan, rapat koordinasi kali ini menyikapi kasus ledakan Covid-19 di pulau Jawa-Bali, bahkan saat ini di Balikpapan dan Kalteng juga mulai terjadi ledakan Covid-19. 

Oleh karena itu, saat ini Kabupaten Balangan akan menyiapkan antisipasi terkait hal tersebut guna mencegah agar di Kabupaten Balangan tidak terjadi lonjakan kasus covid-19 seperti daerah lain. 

"Di antara adalah mempersiapkan fasilitas-fasilitas seperti di rumah sakit dan puskesmas, kemudian melakukan pengetatan pelaksanaan PPKM skala mikro ditingkat desa dan pengetatan prokes," ujarnya. 

Dengan kondisi demikian, lanjut Abdul Hadi, diharapkan masyarakat jangan sampai kendor dalam melaksanakan dan menjalankan prokes dalam kehidupan sehari-hari. Karena kita tidak tahu kapan terjadi lonjakan kasus Covid-19 seperti di daerah lain. 

Lebih lanjut Abdul Hadi juga menegaskan agar pelaksanaan PPKM di desa berjalan maksimal dan diharapkan kepada pihak desa agar jangan takut dan khawatir terhadap penggunaan dana desa yang diperuntukkan bagi penanganan Covid-19 di desa. 

"Sepanjang dana desa tersebut diperuntukkan bagi penanganan Covid-19 tak mungkin kejaksaaan atau kepolisian menelisik, jadi sekali lagi bagi desa jangan khawatir dan takut, karena kalau ragu PPKM tidak berjalan maksimal," tegasnya. 

Masih menurut Abdul Hadi, terkait tempat karantina bagi penderita covid-19 disiapkan sebagai langkah antisipasi. 

Kemudian Abdul Hadi juga menyampaikan terkait vaksinasi di Kabupaten Balangan hingga saat ini sangat antusias diikuti oleh masyarakat, malah vaksin yang disediakan habis. 

"Ini menandakan kinerja petugas dilapangan sangat maksimal, kami mengucapkan terima kasih kepada tenaga kesehatan di Balangan," ucapnya. 

Terkait menjelang Idul Adha Pemkab Balangan nantinya akan memberikan draf rekomendasi dari satgas covid-19 tentang pelaksanaan idul adha dan hal-hal lainnya. 

"Meski saat ini Balangan termasuk zona kuning, namun masih terus waspada karena bisa saja situasi berubah, jelang H-3 Idul Adha satgas akan mengeluarkan rekomendasi sesuai dengan situasi saat itu," katanya. 

Kemudian persoalan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Tahun Ajaran baru di Balangan saat ini persyaratanmya sudah dilaksanakan seperti tenaga pengajar wajib vaksin. 

"Balangan masih zona kuning maka PTM kemungkinan bisa dilaksanakan, insya allah bisa," pungkasnya.[martino/adv]


Posting Komentar

0 Komentar