Peringati HAN, Supiani: Anak Adalah Penerus Perjuangan Bangsa

PARINGIN - Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2021, sekaligus penyampaian suara anak Kabupaten Balangan, Selasa (26/7/2021) berlangsung khidmat bertempat di Halaman Kantor Pemkab Balangan. 

Kegiatan dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Balangan, H Supiani mewakili Bupati Balangan. Rangkaian acara selain syukuran juga diisi dengan salawatan. 

Dalam kesempatan tersebut, Supiani mengatakan, anak adalah penerus perjuangan bangsa. Jadi harus tumbuh dan berkembang optimal dan berkualias. 

Dalam UUD 1945 pasal 28 B ayat (2): hak anak telah diatur, kemudian di UU Perlindungan Anak wajib melindungi dan menjamin hak anak. 

"Karena keluarga lembaga pertama dan utama perlindungan anak," ujarnya. 

Lebih lanjut Ia mengharapkan melalui peringatan HAN ini perlindungan anak harus menjadi kepedulian seluruh pihak individu, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media, negara. 

"Semua pihak harus aktif berpartisipasi," tegasnya. 

Supiani juga mengingatkan di masa masih pandemi corona ini merupakan tantangan berat dalam perlindungan dan pengasuhan anak. Karena harus jaga jarak maupun belajar/bekerja di rumah. 

"Keluarga harus tetap melindungi dan menjamin hak anak. Orangtua harus aktif mendampingi anak, terlebih dimasa pandemi ini," katanya. 

Berkenaan dimomen tersebut, Supiani juga mengungkapkan kabar gembira karena Kabupaten Balangan terpilih untuk menerima penghargaan sebagai salah satu Kabupaten Layak Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan. 

"Akan diserahkan secara online pada hari Kamis nanti hal ini tentu tidak lepas dari peran banyak pihak, dan kami ucapkan terima kasih banyak atau upaya kerja kerasnya sehingga berhasil memperoleh penghargaan ini," pungkasnya.[adv/martino]


Posting Komentar

0 Komentar