Bentuk Unit Pengendalian Gratifikasi, Inspektorat Kapuas Jalin Kerjasama dengan Diskominfo

KUALA KAPUAS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas melalui Inspektorat Kapuas merencanakan membentuk Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) di lingkup Pemkab Kapuas.

Pembentukan UPG ini dalam rangka mewujudkan birokrasi yang bersih dan responsif terhadap pemenuhan hak dasar rakyat melalui reformasi birokrasi.

Heribowo, Inspektur Kabupaten Kapuas menyampaikan, UPG merupakan unit kerja yang bertanggungjawab dalam pelaksanaan pengendalian gratifikasi  di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas.

"Yakni melalui peningkatan pemahaman dan kesadaran pelaporan gratifikasi secara transparan dan akuntabel sesuai peraturan perundang-undangan," ujarnya, Kamis (5/8/2021).

Dijelaskannya, gratifikasi adalah pemberian dalam arti luas yakni meliputi pemberian uang, barang, rabat (discount), komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, fasilitas penginapan, perjalanan wisata, pengobatan cuma-cuma, dan fasilitas lainnya.

Untuk itu, Inspektorat juga ingin melakukan kerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika untuk penanganan unit gratifikasi yang diamanatkan oleh KPK terhadap inspektorat, yang mana Kominfo akan bekerja sama dalam hal sosialisasi maupun publikasi melalui media yang ada di Kominf.

Dengan adanya kerja sama itu, pihaknya berharap agar masyarakat di Kapuas juga perangkat daerah nantinya ketika ada pemberian yang sifatnya gratifikasi itu bisa dilakukan ke Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) ke Inspektorat, sehingga tindak lanjutnya akan di distribusikan kepada yang lebih berhak mendapatkan.

“Ke depan kami akan lebih intens kerja sama dengan Kominfo yang mana nantinya bisa memberikan penyuluhan-penyuluhan melalui media Diskominfo maupun lemba-lembaga yang ada ataupun media informasi lainnya sehingga lebih luas dan diketahui oleh masyarakat,” bebernya.

Ia berharap ke depan Kabupaten Kapuas bisa terbuka dalam hal gratifikasi, pemberian-pemberian pihak lain kepada elemen pejabat yang ada di Kabupaten Kapuas agar lebih terbuka dan transparan.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas, H. Junaidi menekankan bahwa Diskominfo Kapuas pada prinsipnya mendukung semua program Inspektorat terlebih lagi berkenaan dengan pencegahan gratifikasi.

“Saya berharap agar program ini dapat tersosialisasikan dengan baik di seluruh masyarakat Kapuas dan kita akan membantu serta mendukung sepenuhnya agar program ini bisa berjalan sesuai dengan harapan,” pungkasnya.[adv]


Posting Komentar

0 Komentar