Pemkab Kapuas Dapat Bantuan Penambahan 62 Menara BTS, Legislator Sampaikan Apresiasi

KUALA KAPUAS - Anggota  DPRD Kabupaten Kapuas Dapil Kapuas Ngaju, Berinto menyampaikan apresiasi pada Pemkab Kapuas melalui Dinas Kominfo setempat dalam upaya perluasan jaringan telekomunikasi.

Pasalnya, di tahun 2021 ini Pemkab Kapuas akan menerima bantuan penambahan 62 unit menara telekomunikasi base transceiver station (BTS) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI.

"Terhadap bantuan 62 unit menara BTS  tersebut saya sampaikan apresiasi atas perjuangan Pemkab melalui Diskominfo Kapuas," kata Berinto, Selasa (14/9/2021).

Kendati demikian, wakil rakyat dari Partai NasDem ini meminta Diskominfo Kapuas terus mengawal, agar dapat segera terwujud berdirinya menara BTS dimaksud terlebih pada wilayah blank spot alias tak tersentuh sinyal komunikasi.

"Saya berharap Diskominfo tetap mengawal ini, agar prosesnya dipercepat karena ini harapan dari masyarkat Kapuas terutama yang berada di wilayah blank spot," ujar Berinto.

Sebelummya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kapuas, H Junaidi menyampaikan, 
pihaknya sudah melakukan survei lokasi.

"Menara BTS diprioritaskan pada daerah blankspot atau yang belum ada jaringan komunikasi selama ini," kata Junaidi.

Seperti wilayah Kapuas Ngaju, yaitu Kecamatan Timpah, Pasak Talawang, Mandau Talawang, Kapuas Tengah, serta Kapuas Hulu.

Menurut Kadiskominfo, ada beberapa hal mendasar yang harus disiapkan, agar pembangunan dapat dilakukan.

"Penting sekali disiapkan fasilitas tanah atau lahan sudah hibah, dan sangat krusial jaringan listrik," ujarnya

Minimal, kata Junaidi, jika pun jaringan PLN belum masuk, atau belum ada, maka dilakukan  swadaya masyarakat dalam kesiapan jaringan listrik.

"Perlu disadari 62 menara BTS dibangun, agar dapat semua terealisasi, sehingga diperlukan kerjasama desa dan masyarakat untuk sekitar mempersiapkan lahan serta jaringan listrik," tutupnya.[tommy]


Posting Komentar

0 Komentar