Serius Tangani ODGJ, TP-PKK Gelar Rapat Ini

Serius Tangani ODGJ, TP-PKK Gelar Rapat Ini

PARINGIN - Sri Huryati Hadi semakin serius dalam menangani kasus ODGJ di Kabupaten Balangan. Salah satu aksi yang dilaksanakan adalah dengan menggelar rapat menindaklanjuti kunjungan Tim Pengarah Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) Provinsi dan TPKJM Balangan.

Ini terkait penanganan pasien ODGJ di Desa Buntut Pilanduk Kecamatan Halong bernama Aliamansyah. Pertemuan sendiri diselenggarakan di Aula kediaman Bupati Balangan, Sabtu (18/9/2021).

Dalam acara berhadir Tim Pengarah Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) Kabupaten Balangan, perwakilan dari Polres Balangan, Camat Halong, Kapolsek Kecamatan Halong dan Danramil Kecamatan Halong.

Sri Huryati Hadi mengatakan, untuk penanganan Aliamansyah, salah satu pasien ODGJ di Balangan akan segera dilakukan bersama dengan para pihak Tim Pengarah Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) Kabupaten Balangan.

"Kita akan bergerak cepat untuk kasus ODGJ Aliamansyah ini, kita akan segera mengantarnya ke Sambang Lihum setelah nantinya persiapan sudah dilaksanakan dengan dokter yang ada di Kecamatan Halong," jelasnya.

Sri juga menambahkan bahwa setelah selesai pengobatan Aliamansyah di Sambang Lihum pihaknya juga akan mempersiapkan agar Aliamansyah bisa diarahkan ke Budi luhur, sehingga sekembalinya dia ke Balangan sudah dalam keadaan membaik.

"Setelah selesai dari Sambang Lihum kita akan persiapan dia untuk ke Budi Luhur," tambahnya.

Bunda Sri sapaan akrab istri orang nomor satu di Balangan ini kembali menambahkan, berhubung dari pihak keluarga dan para tetangga Aliamansyah tidak mau menerimanya sekembali dari pengobatan, jadi dari pihak Kabupaten akan mencarikan tempat dan pekerjaan untuk Aliamansyah.

Tetapi sebelum itu Sri dan para pihak terkait akan terus melakukan pendekatan agar keluarga dan lingkungan tetap bisa menerima Aliamansyah kembali.

"Ketika kita telah memberangkatkan dia ke Sabang Lihum dan Budi Luhur kita juga harus siap menerima dia, menempatkan dia di mana kalau memang nanti keluarganya tetap tidak menerima," ungkapnya.

Bunda Sri berharap pihak keluarga dan lingkungan Aliamansyah bisa menerimanya, karena salah satu faktor penyembuhan selain pemberian obat dari pihak terkait peranan kasih sayang keluarga dan dukungan dari lingkungan juga berpengaruh.

"Kita berharap sekali, karena di tempat keluarganyalah sebenarnya dia paling bagus untuk proses kesembuhannya asal keluarganya benar-benar mendukung," tutupnya.[adv/martino]
Lebih baru Lebih lama