Potensi Hutan Tropis Bumi Sanggam Menuju Wisata Unggulan

MEMILIKI banyak potensi wisata pegunungan, cukup membuat balangan percaya diri untuk mengembangkannya menjadi destinasi wisata unggulan nasional.| foto : martino

PARINGIN - Sebuah Kabupaten berjuluk Bumi Sanggam yang letaknya berada di dataran tinggi dengan hamparan hutan tropisnya, menjadikan Kabupaten ini memiliki sangat banyak potensi di bidang pariwisata.

Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporaparwis) Kabupaten Balangan berkomitmen terus mengelola objek wisata tersebut dengan lebih profesional hingga bisa diresmikan menjadi wisata unggulan.

Kepala Dinas Disporaparwis, Ahmad Gazali Al Patah, Selasa (12/10/2021) mengatakan, saat ini Kabupaten Balangan belum memiliki wisata, tetapi ke depannya objek-objek wisata yang ada akan terus diusahakan secara profesional, mengingat ini juga merupakan wisi dan misi Bupati.

"Sesuai dengan visi misi Bupati terpilih ini, objek wisata akan dikelola secara profesional dan saat ini masih mengarah ke sana dan masih dalam tahap pembenahan," jelasnya.

Ditambahkan Gazali, rencana pembentukan Perda untuk wisata sudah ada. Hanya saja melihat potensi dan kelayakan objek wisata, apakah layak untuk diperkenalkan ke tingkat nasional.

"Kemungkinan jika objek wisata ini sudah layak dijual secara nasional, pastinya kita akan menyiapkan Perda-Perdanya. Target kita sebelum berakhirnya masa jabatan Bupati saat ini," tambahnya.

Gazali menyebut objek wisata yang diunggulkan saat ini ada 3, di mana ini juga merupakan keinginan dari Bupati Balangan. Objek wisata tersebut di antaranya air terjun Batarius, Pemandian Anggang dan Air Terjun Manyandar.

"Ada 3 objek wisata yang diunggulkan saat ini, akan tetapi tidak menutup kemungkinan karena banyaknya destinasi wisata yang juga harus diperhatikan pemerintah itu juga akan tetap jalan," tutupnya.[martino]


Posting Komentar

0 Komentar