DKP3 Balangan Respon Cepat Kawal Petani di Halong Kendalikan OPT pada Tanaman Padi


PARINGIN - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan, terus berupaya tingkatkan hasil produksi pertanian terutama pada tanaman padi.

Bersama petani, Kepala DKP3 Balangan Rahmadi dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Halong melakukan pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT) pada tanaman padi di Kecamatan Halong, Kamis (13/1/2022).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Balangan, Rahmadi mengatakan, pihaknya telah menerima laporan petani atas serangan penyakit pada tanaman padi jenis kresek daun yang di sebabkan bakteri.

"Jenis padi yang diserang adalah padi varetas Inpari 9, Sintani dan lokal kurang lebih sekitar 5 hektar tanaman padi yang diserang," ujarnya.

Dalam hal tersebut Rahmadi juga langsung memantau pengendalian OPT pada tanaman padi dengan menggunakan fungisida dan bakterisida.

"Kita terus mendukung upaya pengamanan produksi padi dari serangan hama dan penyakit. Sehingga target produksi petani bisa meningkat," tuturnya.[martino]