Percepat Perekaman e-KTP Disdukcapil Palangka Raya Lakukan Jemput Bola

PEREKAMAN e-KTP Siswa SMA/SMK di Palangka Raya.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palangka Raya melakukan aksi jemput bola perekaman KTP elektronik atau e-KTP ke beberapa SMA sederajat yang ada di Kota setempat.

Hal tersebut dilakukan guna percepatan perekaman e-KTP bagi seluruh masyarakat Kota Palangka Raya.

Kepala Bidang Pendataan Penduduk Disdukcapil Kota Palangka Raya, Taufik Hidayat menuturkan, yang menjadi sasaran kegiatan itu adalah siswa-siswi SMA/SMK yang berusia 17 tahun atau lebih, dengan berkoordinasi langsung dengan pihak sekolah sehingga siswa dapat langsung mendatangi tempat perekaman.

"Siswa-siswi SMA/SMK yang telah mencapai umur 17 tahun kami upayakan dengan pelayanan jemput bola. Perekaman ini akan dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan sehingga diharapkan 100 persen siswa yang berusia 17 tahun sudah memiliki KTP elektronik," ungkapnya, Senin (10/1/2022).

Dibeberkannya, kegiatan itu digelar pada hari Sabtu dan Minggu bertempat di ruang perekaman data Disdukcapil Kota setempat. Hal ini dilakukan agar tidak menggangu proses belajar para siswa-siswi di sekolah.

"Alhamdulillah tahun 2021 lalu, tingkat capaian perekaman KTP elektronik kita mencapai 100 persen yang mana sudah melebihi dari target nasional yaitu 99,5 persen sehingga mendapat apresiasi langsung dari Direktorat Jendral Dukcapil Pusat dan akan terus kita pertahankan dan tingkatkan lagi untuk tahun 2022 ini," urainya.

Diuraikan lebih lanjut, untuk syarat yang perlu disiapkan oleh siswa-siswi agar mendapatkan pelayanan hanya perlu membawa kartu keluarga sebagai bukti jati diri sudah terdaftar di keluarganya, namun belum memiliki KTP elektronik.[kenedy]