Teken MoU dengan BRSDMKP, Tanbu Siap Kembangkan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan

SINERGI perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pengembangan sumber daya kelautan dan perikanan ditandai dengan penandatanganan MoU.| foto : humas

BATULICIN – Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia, dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu (Tanbu) di di Gedung BRSDMKP Jakarta, Selasa (25/1/2022).

Kerjasama ini bertujuan untuk Sinergitas Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan serta Pengembangan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan di Bumi Bersujud.

Kesepakatan ini langsung ditandatangani Plt. Kepala BRSDMKP KKP RI, Kusdiantoro bersama Bupati Tanbu, HM. Zairullah Azhar.

Dalam sambutannya Bupati Zairullah mengucapkan terima kasih serta penghargaan setinggi-tingginya kepada BRSDMKP atas kerjasama dalam rangka mendukung kelancaran program pembangunan di Tanbu.

“Kami sangat berharap ke depannya BRSDMKP bisa langsung turun ke lapangan, dalam hal ini ke Kabupaten Tanah Bumbu untuk melihat langsung kondisi wilayah terkait pengembangan perikanan seperti apa yang harus ditingkatkan di Tanbu,” harap Zairullah.

Sementara, Plt. Kepala BRSDMKP Kusdiantoro menyampaikan 3 program prioritas utama KKP, yaitu pertama; Peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) bagi kegiatan Kelautan dan Perikanan, kedua; peningkatan produk-produk unggulan perikanan khususnya tambak undang diseluruh kawasan Indonesia, dan ketiga; adalah pembangunan kampung kelautan dan perikanan diseluruh wilayah Indonesia.

Di momen ini, Kepala Dinas Perikanan Tanbu, Yulian Herawati menyampaikan, kesepakatan dan kerjasama itu sangat penting bagi Tanbu dalam membangun SDM dan optimalisasi pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya pelaku perikanan.

“Sebuah kebanggaan karena Kabupaten Tanah Bumbu dapat menjadi salah satu lokasi riset dan pengembangan teknologi atau inovasi para ahli kelautan dan perikanan baik melalui pembiayaan BRSDMKP maupun dari pembiayaan Kabupaten Tanah Bumbu sendiri,” paparnya.

Tutut hadir Kepala Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan, Hedi Indra Januari, Anggota DPRD Tanbu, H Hasanuddin, Kepala BPKAD H Syamsuddin serta beberapa pejabat lainnya.[joni]