Benteng Tundakan Harusnya Jadi Cagar Budaya

HANNY Rafani, Bagian Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Balangan.| foto : martino

PARINGIN - Benteng Tundakan merupakan saksi perjuangan Temanggung Jalil yang seharusnya dijadikan cagar budaya dan harus diperhatikan Pemkab Balangan. Ini mengingat di dalamnya terdapat unsur pendidikan untuk kaum pelajar generasi berikutnya.

Selain itu, Benteng Tundakan juga merupakan situs bersejarah yang ketika masih bagus dijadikan tempat berkumpul oleh beberapa warga dari kampung sekitar, seperti lebaran. 

Hanya, kebiasaan kunjungan tersebut perlahan memudar sampai tak pernah lagi ada akibat tak terawatnya tempat tersebut.

“Dulu ketika lebaran banyak yang berkunjung disini,” ujar Jam’ali, juru pelihara Benteng Tundakan.

Dinas Pariwisata Balangan melalui bagian Destinasi Wisata, Hanny Rafani mengungkapkan, pihaknya akan mengupayakan bantuan fisik untuk Benteng Tundakan di tahun 2023.

“Kami akan mengupayakan Benteng Tundakan akan mendapat bantuan fisik ditahun 2023,” ujarnya, Senin (31/1/2022).

Hanny menambahkan, pemberian bantuan tersebut perlu adanya dukungan dari desa setempat dan berjenjang ke kecamatan sampai kabupaten, prosesnya itu bertahap.

“Proses pemberian bantuan tersebut bertahap dari perancangan, dan itu harus ada diskusi dengan dinas terkait terlebih dahulu sehingga dapat diusulkan pada anggaran 2023,” tambahnya.

Hal tersebut dapat menjadi “angin segar” bagi warga Desa Tundakan Hulu Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan untuk semakin menggarap potensi wisata yang dimilikinya, demi mendukung pengembangan sektor pariwisata secara menyeluruh di wilayah Balangan.[martino]