Kesbangpol Sosialisasi dan Pantau Persiapan Pemilu 2024.

Kesbangpol Sosialisasi dan Pantau Persiapan Pemilu 2024.


BUNTOK – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) akan mengadakan pertemuan ke Kecamatan Jenamas untuk mensosialisasikan dan melihat persiapan di daerah tersebut untuk sukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Rencana besok kami akan kesana, untuk melihat persiapan dan menyampaikan peran yang harus dilakukan pemerintah yakni mensukseskan pemilihan pada tahun 2024,” ucap Kepala Badan Kesbangpol, Edi Suharto, Rabu 23 Maret 2022.

Menurutnya, hal ini harus dilakukan, karena banyak faktor yang harus dipersiapkan, sehingga seluruh peran dapat terisi dengan baik. “Semua organisasi harus turut berperan dan bersinergi sukseskan pemilu nanti. Makanya, lusa kami akan bertemu dengan camat, lurah, kades dan organisasi masyarakat di daerah tersebut,” ungkapnya. 

Sebab lanjut dia, dalam pelaksanaannya nanti, pihaknya beserta masyarakat harus turut serta, tidak hanya menyerahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) atau Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). 

“Karena mau tidak mau yang mengetahui daerah dan seluk beluk yang ada di kecamatan, yaitu kades, lurah maupun ormas yang ada di tempat tersebut,” terangnya. 

Kemudian, dalam pertemuan agar pemerintah di desa dapat membentuk komponen dalam sukseskan pemilu 2024 ini. “Jika berbicara ranah luarnya seperti aparat pengamanan yaitu linmas juga perlu di perhatikan.Perlengkapanya harus dilengkapi, agar tugasnya berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Kesbangpol, menurutnya akan selalu memonitoring perkembangan tahapan pemilu. Apakah sesuai dengan aturan perundang undangan yang telah di tetapkan atau sebaliknya. “Contohnya apabila tidak sesuai dengan perundang undangan, kita akan berembuk dengan KPU untuk mencari jalan keluarnya,” ujarnya. 

Ia berharap seluruh masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya, tanpa ada satupun yang absen dalam pesta demokrasi tersebut. 

“Masyarakat harus lebih cerdas. Cerdas di sini, yaitu menggunakan hak pilihnya. Membantu pemimpin siapapun nantinya yang terpilih untuk merealisasikan visi dan misinya,”jelasnya. 

Ditambahkan, bahwa pertemuan pihaknya tidak hanya di Jenamas saja, namun akan terus berjalan ke seluruh kecamatan lainnya. “Semua bertahap, persiapan seperti ini memang harus dilakukan jauh hari, agar tidak ada kendala dalam pelaksanaanya,” ujar Edi Suharto.[adv]

Lebih baru Lebih lama