Pemohon SKCK Dipermudah oleh Program Layanan Keliling Polres Balangan

PETUGAS pelayanan SKCK melakukan identifikasi sidik jari terhadap pembuat SKCK di Pos Lantas Paringin Kabupaten Balangan.| foto : martino

PARINGIN - Informasi dari media sosial mengenai layanan SKCK keliling di Pos Lantas Paringin, Balangan, mempermudah Andre, warga Desa Lalayau, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, untuk membuat dokumen SKCK.

Ia bersama temannya mendatangi Pos Lantas Paringin untuk pembuatan SKCK baru yang Andre butuhkan untuk persyaratan mendaftar sebagai calon anggota Polri dan keperluan administrasi melamar kerja, Kamis (10/3/2022).

"Saya ingin mendaftar sebagai anggota Polri dan dibutuhkan SKCK untuk persyaratan," terang Andre.

Layanan SKCK keliling di Pos Lantas Paringin ucap Andre mempermudah dirinya. Terlebih apabila harus mengurus ke Mako Polres Balangan, akan menempuh jarak yang lebih jauh.

Ia juga mengungkapkan, pelayanan yang diberikan sudah cukup bagus, petugas pelayanan ramah saat memberikan berkas administrasi, begitu pula ketika melakukan identifikasi sidik jari dan lainnya.

Pelayanan SKCK Sat Intelkam Polres Balangan keliling ini merupakan program Polres Balangan yang berlangsung sejak September 2021 lalu.

Di bawah pengawasan Kasat Intelkam Polres Balangan, Iptu Saepudin, program tersebut berjalan hingga sekarang dan dilakukan pada beberapa tempat.

Kapolres Balangan, AKBP Zaenal Arifin melalui Kasat Intelkam Polres Balangan, Iptu Saepudin menerangkan, pelayanan SKCK keliling menyasar tempat keramaian, utamanya pada pusat kota, tujuannya yakni untuk mempermudah masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan tersebut.

"Tujuan layanan ini untuk meringankan masyarakat, agar mereka tidak jauh ke Polres Balangan untuk pembuatan SKCK," ucap Iptu Saepudin.

Lanjutnya, rata-rata pembuatan SKCK dibutuhkan untuk persyaratan melamar pekerjaan atau ingin daftar PNS, TNI dan Polri.

Selain itu, dalam waktu dekat, pihaknya juga akan menyasar sekolah yang nantinya pelayanan SKCK bagi siswa baru lulus.

Khusus untuk pelayanan SKCK keliling, Polres Balangan selalu menginformasikan waktu dan tempat sebelum dimulainya kegiatan sehingga warga pun mengetahui di mana dan kapan dibukanya layanan tersebut.

Pada pelayanan ini pula, Iptu Saepudin berharap masyarakat bisa lebih percaya kepada Polres Balangan, baik terhadap semua pelayanan yang telah diprogramkan oleh Polres Balangan, maupun program Intelkam yang sudah berjalan.[martino]