Wujudkan Serambi Madinah Satu Desa Satu Masjid, Bupati Zairullah Silaturahmi dengan TPD

BATULICIN - Tak kurang 141 Tenaga Pendamping Desa (TPD) dari 141 desa se-Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menghadiri silaturahmi dengan Bupati Tanbu, HM Zairullah Azhar di Ruang Bersujud, Kantor Bupati, Rabu (29/6/2022).

Tercatat masih ada 3 desa yang masih belum diisi pejabat plus TPD, seperti Desa Kampung Baru di Kecamatan Kusan Hilir, Desa Mangkalapi di Kecamatan Teluk Kepayang, dan Desa Sumber Arum di Kecamatan Satui.

Bupati Zairullah dalam sambutannya mengatakan, sebagai generasi milenial harus mampu melakukan inovasi dalam membangun Tanbu, karena TPD ini semuanya sarjana.

"TPD harus terus mengasah kemampuan untuk memajukan desa. Pertama saya minta agar saudara dapat membantu sebagai motivator, inovator mengimplementasikan Serambi Madinah dengan program unggulan Kabupaten Tanah Bumbu, Satu Desa Satu Masjid, dan sebentar lagi kita launching di setiap desa," jelasnya. 

Kedua, lanjutnya, agar didata anak yatim yang ada di setiap desa, dan jangan sampai ada ketinggalan yang tidak terdata. Koordinasikan dengan Kepala Desa untuk dapat bersinergi mendata anak yatim, sehingga data tersebut akurat yang nantinya mereka akan diperhatikan.

"Bagi Anak yatim yang ingin sekolah agama silahkan diantar ke Istana Anak Yatim untuk kita sekolahkan. Jika sudah lulus SMA kita akan sekolahkan ke jenjang lebih tinggi," tutur Zairullah.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tanbu, Samsir menegaskan, tugas dan fungsi TPD adalah untuk mendampingi penyelenggaraan Pemdes, pemberdayaan masyarakat serta melakukan pendataan, baik terkait stunting, posyandu, anak yatim, janda tua, lansia, guru mengaji, guru kampung, guru tahfiz maupun lainnya.

Sementara itu, salah seorang TPD, Bahruddin Lopa siap mendukung kegiatan, khususnya program unggulan untuk mengimplementasi Serambi Madinah Satu Desa Satu Masjid.

"Kita segera bersama-sama teman TPD secara serentak akan kita sosialisasikan kepada masyarakat," pungkasnya.[joni]