Firman Yusi Dukung Komunitas Hijaukan Tepian Sungai

Firman Yusi Dukung Komunitas Hijaukan Tepian Sungai

SEKRETARIS Komisi IV DPRD Kalsel, Firman Yusi melakukan Sosialisasi Perda Nomor 7 tahun 2018 tentang Gerakan Revolusi Hijau sekaligus mendukungan penamanan pohon yang dilakukan komunitas pencinta bonsai.

BANJARMASIN – Sekretaris Komisi IV DPRD Kalsel, Firman Yusi mendukung komunitas untuk melakukan penghijauan di tepian sungai yang ada di Kabupaten Tabalong.

“Kita dukung kegiatan komunitas Penghimpunan Pencinta Bonsai Indonesia, berupa penanaman pohon di tepian Sungai Tabalong,” kata Firman Yusi di sela Sosialisasi Perda Nomor 7 tahun 2018 tentang Gerakan Revolusi Hijau, Jumat (29/7/2022) di Tanjung.

Menurut Firman Yusi, kegiatan penanaman pohon di tepian Sungai Tabalong ini sejalan dengan Perda Gerakan Revolusi Hijau, yang mengajak semua pihak untuk menanam pohon, terutama di daerah kritis, termasuk di tepian sungai.

“Kita mengapresiasi komunitas yang mengambil inisiatif melakukan penanaman pohon di tepian sungai,” tambah politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Ditambahkan, Gerakan Revolusi Hijau di Kalsel adalah gerakan penanaman pohon baik di dalam maupun di luar kawasan hutan, maka tentu tepian sungai adalah salah satu target dari gerakan ini.

Tepian sungai adalah wilayah yang cukup penting artinya, karena sejak lama sungai adalah urat nadi kehidupan masyarakat Kalsel dan tepian sungai yang tidak terjaga selama ini terus mengalami longsoran.

“Longsornya tepian sungai ini juga ternyata menimbulkan kerugian yang tidak sedikit, karena tepian sungai tidak hanya terdapat pemukiman penduduk, akan tetapi juga berbagai fasilitas publik seperti jalan, tempat ibadah dan lain sebagainya,” tambahnya. 

Selain itu, yang terpenting dari kegiatan ini adalah bagaimana para pihak, dalam hal ini pemerintah dan masyarakat berkomitmen untuk berkontribusi dengan kemampuannya masing-masing untuk menjaga dan melestarikan wilayah sungai demi kebaikan bersama pula. 

“Ini sudah dimulai dengan kegiatan para pencinta bonsai yang menanam pohon jenis waru di sepanjang Sungai Tabalong,” ujar wakil rakyat dari daerah pemilihan Kalsel V, meliputi Kabupaten Hulu Sungai Utara, Balangan dan Tabalong. 

Sedangkan jenis pohon yang ditanam diyakini mampu memperkuat tebing sungai, mencegah longsor, bahkan mampu menciptakan endapat baru di pinggiran sungai untuk mencegah rusaknya fasilitas di tepian sungai.

“Jadi bisa untuk mengatasi longsor yang sering terjadi,” tegas Firman Yusi. 
Sosialisasi menghadirkan unsur Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kabupaten Tabalong dan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tabalong.[lyn]


Lebih baru Lebih lama