Hujan Lebat Diperkirakan Masih Mengguyur Tanbu Kotabaru

BATULICIN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalimantan Selatan memprakirakan dampak hujan lebat pada 30 dan 31 Juli 2022. Ini diperkirakan akan terjadi di empat kabupaten, yaitu Kotabaru, Hulu Sungai Tengah, Tabalong dan Tanah Bumbu.

Terkait prakiraan itu, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Tanbu, Dwi Kesuma Putra, Jumat (29/7/2022) mengimbau masyarakat Tanah Bumbu untuk tetap waspada dan selalu berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah.

"Karena ada potensi aliran sungai meningkat sebagai akibat dari hujan lebat," jelasnya.

Dwi mengatakan, mesti sudah memasuki kemarau, namun hujan masih turun. Ini mengingat Tanbu termasuk non zona musim, artinya cuacanya tidak bisa ditebak, termasuk Kotabaru juga tidak bisa ditebak.

"Padahal kita diperkirakan sudah masuk kemarau, namun nyatanya masih hujan, bahkan di Kotabaru terjadi Banjir kemarin," ucap Dwi.

Dwi mengungkapkan, kemarin malam, rekan di BPBD berjaga-jaga di Satui Sinar Bulan bersama petugas dari Dinas Sosial.

"Karena air naik, untuk hari ini saya masih belum dapat info apa sudah pulang atau belum," imbuhnya.

Jadi, lanjutnya, BMKG memprediksi secara harian. "Untuk prakiraan prediksi harian esok akan ada hujan lebat. Makanya untuk masyarakat Tanah Bumbu dan Kotabaru dan dua kabupaten lainnya itu diimbau untuk tetap waspada," pungkas Dwi.[joni]