RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kapuas Terima Bantuan Alat Kesehatan Laparoskop

RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kapuas Terima Bantuan Alat Kesehatan Laparoskop

ALKES Laparoskop bantuan Dinas P3APPKB yang diterima RSUD Kapuas.| foto : diskominfokps

KUALA KAPUAS - RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, Kalteng menerima bantuan alat untuk Laparoskop dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Kabupaten Kapuas, 

Plt. Kepala Dinas P3APPKB, dr. Tri Setyautami MPHM menjelaskan, alat kesehatan Laparoskop digunakan untuk melakukan diagnosis atau mengobati berbagai permasalahan yang terjadi pada bagian dalam perut atau panggul. 

"Selama prosedur dilakukan, instrumen dan perangkat bedah berukuran kecil dimasukkan melalui sayatan kecil," kata dr Try, Jumat (12/8/2022).

Dilanjutkannya, Laparoskopi adalah jenis prosedur bedah yang memungkinkan dokter ahli bedah untuk mengakses bagian dalam perut dan panggul tanpa harus membuat sayatan yang besar di kulit, dokter Spesialis memantau penginstalan alat di ruang Bedah.

Bantuan alat tersebut sebelumnya diterima la oleh Kepala Seksi Penunjang Medik RSUD dr. H. Soermarno Sosraoatmodjo Kuala Kapuas, Setyawati, SKM beserta staf dan Dokter Spesialis Bedah dr. Rintho A. Tangkudung, Sp.B serta Dokter Spesialis Obstertri dan Ginekologi, dr. Daniel Liando, Sp.OG.

Dikatakan dr. Daniel Liando bahwa prosedur bedah dengan menggunakan alat laparoskop ini juga dikenal sebagai operasi lubang kunci atau operasi invasif minimal. 

Melalui tindakan laparoskopi dengan menggunakan alat laparoskop, pasien bisa menghindari sayatan besar yang biasa dilakukan pada operasi konvensional.[aan/adv]


Lebih baru Lebih lama