Dua Desa Terdampak Banjir Bandang, BPBD Barsel Turunkan Tim TRC


BUNTOK – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) melakukan penanganan terhadap masyarakat Kecamatan Dusun Utara yang terdampak banjir bandang setinggi 50 cm, Rabu 7 september 2022.

Banjir tersebut diakibatkan tingginya curah hujan yang membuat meluapnya Sungai Ayuh dan Sungai Barito. Di samping itu, Desa Hingan terletak di daerah cekungan, sampai saat ini masih mengalami kenaikan 5-10 cm.

“Karena adanya kejadian tersebut tim kami langsung turun ke lapangan untuk memeriksa dan melakukan upaya pertolongan terhadap masyarakat,” kata Kepala BPBD Barsel, Alip Suraya. 

Yang terdampak pada oleh banjir itu, ada dua desa. Yaitu Desa Hingan ada 30 KK dan Desa Danau Bambure 60 KK. Infrastruktur terganggu, termasuk pemukiman warga Desa Hingan hingga lahan pertanian sekitar 60 hektar.

Untuk itu, BPBD telah melakukan kajian cepat, mengerahkan anggota TRC BPBD ke lokasi untuk mengevakuasi dan pendataan di dua desa terdampak. “Pastinya kami menyerahkan bantuan berupa paket sembako kepada korban banjir. Kita doakan saja agar bencana alam ini cepat berlalu,” ujar Alip Suraya.[adv]