Intensitas hujan tinggi, BPBD Kapuas Imbau Warga Waspada Banjir

GENANGAN air di Desa Barunang II Kecamatan Kapuas Hulu.| foto : keckpshulu

KUALA KAPUAS - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, Kalteng, mengimbau kepada masyarakat pada beberapa wilayah di kabupaten itu untuk mewaspadai bencana banjir menyusul tingginya curah hujan yang terjadi beberapa waktu belakangan.

"Diimbau untuk seluruh masyarakat Kabupaten Kapuas, baik Pihak camat dan kepala desa untuk melakukan pemantauan kondisi air di wilayah masing-masing. Apabila terjadi bencana banjir dapat melapor ke BPBD Kabupaten Kapuas," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga, Selasa (6/9/2022).

Imbauan mewaspadai potensi banjir itu juga lanjutnya sebagaimana BMKG juga telah merilis prakiraan daerah potensi banjir di wilayah Kabupaten Kapuas pada bulan September 2022 ini.

"Berdasarkan data BMKGTingkat potensi banjir sedang ada di wilayah Kecamatan Kapuas Hulu, Kapuas Tengah, Mandau Telawang dan Kecamatan Pasak Telawang," kata Kalaksa.

Adapun wilayah dengan potensi rendah, yakni di Kecamatan Kapuas Hilir, Kapuas Kuala, Kapuas Murung, Kapuas Tengah, Kapuas Timur, Tamban Catur dan Kecamatan Timpah.

Camat Kapuas Hulu, Bambang sebelummya menyampaikan akibat hujan deras terjadi peningkatan air drastis pada beberapa desa di wilayahnya.

"Sebanyak 60 kepala keluarga di Desa Barunang II terdampak banjir, namun perhari ini sudah berangsur surut," katanya.

Terpisah, Camat Pasak Telawang, Dodo menyampaikan banjir terjadi di Desa Jangkang Seberang RT I diperkirakan kenaikan debit air sekitar 1 meter.

"Kami sudah mengeluarkan himbauan kepada warga baik yang sudah terdampak maupun rawan terdampak agar waspada," katanya.

Pihaknya juga terus berkoordinasi baik dengan sejumlah kepala desa dan BPBD Kapuas.[aan/adv]