Pj Bupati Barsel Dorong Pegelola Koperasi Optimalkan Platform Digital


BUNTOK – Pj Bupati Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Lisda Arriyana mendorong pengelola koperasi yang ada di Kabupaten setempat supaya bisa memanfaatkan dan mengoptimalkan transformasi platform digital menuju Koperasi modern. 

“Karena Koperasi memiliki peran yang strategis dalam mengembangkan potensi serta kemampuan ekonomi anggotanya,” ucap Lisda Arriyana, Selasa 6 september 2022.

Menurutnya, melalui koperasi para pelaku usaha dan masyarakat di sekitarnya, dapat memperoleh akses untuk modal usaha serta kesempatan dalam mengikuti pelatihan pengembangan usaha. 

Oleh karena itu, lanjut Lisda, agar dapat terus mengoptimalkan peran strategis ini, koperasi dituntut untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman saat ini yang semuanya serba menggunakan sistem online, salah satunya melalui digitalisasi koperasi.

 Lisda menuturkan, pihaknya juga melalui Dinas terkait sudah mulai mendaftarkan produk-produk dari UMKM yang ada di Kabupaten Barsel ini melalui aplikasi TABE, dan juga akan didaftarkan di Toko Kalteng Berkah bahkan di aplikasi Shoppe. Sehingga, kata dia, nantinya hasil dari pelaku UMKM tersebut bisa dilihat oleh masyarakat di seluruh Indonesia. 

 Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalteng, Norhani mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan selama lima hari dimulai dari tanggl 4-8 September 2022 dengan jumlah peserta 30 orang. Dilaksanakan secara panel, diskusi dan tanya jawab dalam kegiatan tersebut. 

“Kegiatan ini tentunya bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan pengelola Koperasi tentang trasformasi Digital menuju koperasi modern dalam Pengelolaan Koperasi,” katanya.

Ia menjelaskan, UMKM memiliki peranan penting dan strategis dalam struktur perekonomian Indonesia, karena memberikan sumbangan besar terhadap Produk Domestik Bruto (61,1%), penyerapan tenaga kerja (97,1%), dan ekspor (14,4%). 

Dinas Koperasi UMK Provinsi Kalteng berupaya memberikan kontribusi terbaik untuk terus meningkatkan peran UMKM dalam perekonomian Indoneisa khususnya di wilayah Kalteng. 

“Yang pasti kegiatan ini tentang pelatihan kewirausahaan dan perkoperasian menuju koperasi digitalisasi, sesuai dengan tema yaitu UMKM bangkit, ekonomi pulih menuju ekosistem berbasis digital,” terangnya.[adv]