Koordinasi PAP, Komisi II DPRD Kalsel Kunjungi Tanbu

BATULICIN - Dipimpin Muhammad Yani Helmi, Komisi II DPRD Kalimantan Selatan berkunjung ke Kantor Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Jumat (23/9/2022). Kedatangan mereka disambut hangat Bupati Tanbu, Zairullah Azhar 

Kedatangan legislator provinsi ini terkait koordinasi perpajakan daerah Pajak Air Permukaan (PAP). Ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan penerimaan pendapatan daerah.

Wakil rakyat Banua ini berterima kasih kepada Pemkab Tanbu yang sudah berusaha menyambungkan keinginan semua untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) antara Pemprov dan Pemkab.

Menurut legislator Yani, agar potensi di sektor PAP mampu direalisasikan secara optimal, perlu kerjasama Pemprov dan Pemkab untuk saling bahu membahu.

“Hasil yang diterima oleh provinsi akan dibagihasilkan dengan kabupaten/lota melalui dana bagi hasil PAP dengan besaran 50% untuk Provinsi dan 50% untuk kabupaten/kota,” jelasnya.

Sementara itu,Bupati Zairullah mengatakan, umumnya kontribusi sektor pajak dari PAP mengalami penurunan, terutama pada musim kemarau.

Ini seiring berkurangnya air yang tertampung dalam tanah, akibat tidak terjadinya curah hujan pada bulan-bulan di luar musim penghujan.

Kontribusi PAP yang minim tentu dapat menjadi permasalahan tersendiri, terutama bagi daerah mengingat PAP merupakan salah satu jenis Pajak Daerah.

Pajak daerah dimanfaatkan oleh pemerintah daerah untuk membiayai keperluan pembangunan infrastruktur di wilayah masing-masing.

"Karena itu sangat penting setiap perusahaan untuk memahami PAP dan berkontribusi dalam membangun daerah dengan tertib membayar PAP yang jadi kewajibannya," pungkasnya.[joni]