Usai Expo UMKM Pakan Kambang Waluh, Kegiatan di Eks Pasar Mungkur Uyam Kecamatan Juai akan Terus Berlanjut

BUPATI Balangan, H Abdul Hadi disaksikan Ketua PKK Balangan, Hj Sri Huriyati dan Kapolres Balangan, AKBP Zaenal Arifin SIK membuka tirai sebagai tanda peresmian Sentra UMKM di eks Pasar Mungkir Uyam.| foto : martino

PARINGIN - Kegiatan di eks Pasar Mungkur Uyam, Kecamatan Juai dipastikan akan terus berlanjut bukan cuma saat event Expo UMKM Pakan Kambang Waluh saja.

"Setelah expo ini, kegiatan akan terus berlanjut, sebagai ruang UMKM Kecamatan Juai, dan sebagai tempat wahana berkunjung, bersantai warga Balangan, warga Juai khususnya," kata Camat Juai, Nanang Edward, Senin (12/9/2022).

Nanang Edward mengungkapkan, eks Pasar Mungkur Uyam yang kini disebut ruang terbuka Pakan Kambang Waluh ini nantinya akan buka dari sore menjelang malam.

Dia menambahkan, ruang terbuka Pakan Kambang Waluh adalah sebagai tempat kolaborasi UMKM dengan pelaku seni Kecamatan Juai, yang nantinya akan dikelola bersama-sama.

"Jadi semuanya akan bersama-sama mengelola ruang UMKM ini, antara seniman dan para pengusaha atau wiraswasta Kecamatan Juai dan Balangan," terang Nanang Edward.

Ruang terbuka Pakan Kambang Waluh menyediakan olahan makanan dan jajanan khas Kecamatan Juai, kain Sasirangan yang diproduksi UMKM, kerajinan tangan seperti tas dan dompet.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Balangan sangat mengapresiasi inovasi Kecamatan Juai yang telah berinisiatif membuat wadah pengembangan ekonomi kreatif dan event pameran di tingkat kecamatan yang bertujuan untuk mendukung dunia UMKM khususnya di Kecamatan Juai. 

"Tentu kita berharap Expo atau pameran yang dilaksanakan dapat dioptimalkan fungsi dan perannya dalam mengangkat sektor UMKM. Mari Kita tunjukkan kepada masyarakat luas bahwa banyak produk rumahan yang ternyata kualitasnya Bagus dan mampu menjawab permintaan pasar," ucap Bupati Balangan, H Abdul Hadi saat meresmikan Expo UMKM Pakan Kambang Waluh di Desa Mungkur Uyam, Kecamatan Juai.

H Abdul Hadi juga minta semua pihak memanfaatkan Expo sebagai sarana pengembangan dan ajang promosi UMKM harus benar-benar dijadikan langkah strategis untuk memajukan usaha para pelaku UMKM. 

"Memang sekarang zaman digital, tetapi event pameran atau expo sangat diperlukan, bahkan kalau perlu rutin dilaksanakan. Untuk mengangkat dan mempromosikan produk UMKM juga membangun sektor informal lainnya," paparnya. 

Expo UMKM digelar mulai 12 hingga 15 September 2022 diikuti 20 desa di Kecamatan Juai dan dibuka langsung oleh Bupati Balangan. 

Hadir dalam pembukaan Expo Ketua TP PKK Kabupaten Balangan, Hj Sri Huriyati Hadi, Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin, Camat Juai Nanang Edward dan sejumlah pejabat lainnya.[martino]