Dinas P3AP2KB Kapuas Gelar Diskusi Panel dan Manajemen Audit Kasus Stunting

Dinas P3AP2KB Kapuas Gelar Diskusi Panel dan Manajemen Audit Kasus Stunting

SUASANA Diskusi Panel dan Manajemen Audit Kasus Stunting digelar Dinas P3AP2KB Kapuas di aula Kemenag Kapuas.| foto : istimewa 

KUALA KAPUAS - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kapuas, menggelar Diskusi Panel dan Manajemen Audit Kasus Stunting (AKS) tingkat kabupaten, di aula Kemenag, Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas, Rabu (5/10/2022).

Kegiatan yang dibuka Wakil Bupati Kapuas, Drs HM Nafiah Ibnor itu dihadiri  Plt Kepala Dinas P3AP2KB Kapuas dr Try Setya Utami, Sekretaris BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah, Satyawati Kusuma Wijaya S.Psi dan Koordinator Satgas Percepatan Penurunan Stunting (PPS) Kalteng, M. Efendy SE MM.

Sementara peserta diskusi adalah terdiri Tim Audit Kasus Stunting (AKS), kepala puskesmas, PKB/PLKB, camat, dan Tim Pendamping Keluarga (TPK). 

Plt.Kepala Dinas P3AP2KB Kapuas, dr Try Setya Utami mengatakan, ada beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan tersebut, yakni dengan hadirnya tim PPS Provinsi Kalteng memastikan pelaksanaan audit kasus stunting  berjalan dan tuntas.

"Kami juga didorong untuk menyelesaikan sampai tahap diseminasi," kata dr Try.

"Kegiatan ini juga untuk menyamakan persepsi tentang bagaimana audit kasus stunting secara khusus juga tentang tugas-tugas PPS secara umumnya," paparnya lagi.

Sehingga, akan diketahui apa saja faktor-faktor risiko terjadinya stunting itu dan bagaimana rekomendasi-rekomendasinya.

Lebih lanjut dr Try menyampaikan, kegiatan Diskusi Panel dan Manajemen Kasus Stunting menjadi penting untuk dilakukan agar seluruh komponen yang tergabung di dalam struktur tim AKS memahami tugas dan tanggungjawabnya masing-masing.

Selain itu juga, agar dapat bersinergi dalam melaksanakan seluruh kegiatan yang berkaitan dengan percepatan penurunan stunting.

Sehingga ke depan, angka prevalensi stunting di wilayah ini dapat menurun dan kasus stunting tidak ditemukan.[aan/adv]


Lebih baru Lebih lama