Kajati Kalteng Disambut Bupati Bartim dengan Tradisi Potong Pantan

TAMIANG LAYANG - Rombongan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) disambut baik oleh Bupati kabupaten Barito Timur (Bartim) Ampera AY Mebas SE MM di rumah jabatan Bupati, Rabu (26/10/2022).

Rombongan disambut dengan tradisi adat Dayak, yaitu potong Pantan sebelum memasuki rumah jabatan. Mereka juga disambut dengan kehadiran Ketua DPRD Bartim, Kapolres dan tentunya Kejari Bartim dan jajaran Pemkab Bartim.

Dalam sambutannya, Bupati Ampera mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik kunjungan Kejati yang dapat hadir di Bumi Jari Janang Kalalawah.

Bupati berharap kedatangan Kajati lebih mempererat tali silaturrahim antara Pemkab Barito Timur
dengan jajaran Kejaksaan, khususnya dalam menghadapi
segala macam persoalan-persoalan di tengah tengah masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga memaparkan kronologi maupun sejarah Kabupaten Barito Timur yang dibentuk pada tahun 2002, kini berusia 20 tahun.

Kabupaten Barito Timur terdiri dari 10 Kecamatan, 101 Desa dan 3 Kelurahan dengan luas wilayah 3.834 KM².

Menurutnya, arah kebijakan tahun 2022 adalah pengembangan usaha pertanian, peningkatan produktivitas sektor perikanan, penumbuhan industri kecil dan menengah, pengembangan kawasan industri potensial, pengembangan infrastruktur dan akomodasi wisata desa atau kelurahan.

Dalam kegiatan tersebut, Kejati Kalteng juga menyampaikan sambutannya yang juga memperkenalkan diri serta kunjungan dalam agenda ramah tamah tersebut.

Usai menyampaikan sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan plakat oleh Kejati kepada Bupati dan sebaliknya, Bupati juga menyerahkan cinderamata kepada Kejati.[yovan]