Peringati Hari Sumpah Pemuda, Paman Birin Berikan berbagai Penghargaan

BANJARMASIN - Upacara Peringatan ke-94 Hari Sumpah Pemuda tahun 2022 dilangsungkan di halaman Kantor Setdaprov Kalsel, Banjarbaru, Jumat (28/10/2022) pagi. Bertindak sebagai pembina upacara Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor.

Upacara ini diikuti oleh pimpinan Forkopimda Provinsi Kalsel, Kepala SKPD lingkup Pemprov Kalsel, pimpinan lintas instansi, serta organisasi kepemudaan.

Juga hadir para penerima penghargaan pada kategori pemuda dan kelompok berprestasi, kaum disabilitas, serta seluruh tamu undangan.

Momen bersejarah ini diawali dengan pembacaan teks Undang-Undang Dasar 1945 oleh anggota Kader Inti Pemuda Anti Narkoba Kalsel. Dilanjutkan dengan pembacaan teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928 oleh Ketua DPD Purna Prakarya Muda Indonesia Provinsi Kalsel.

Pada kesempatan ini, Gubernur yang akrab disapa Paman Birin inj membacakan amanat dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia.

Paman Birin juga menyerahkan penghargaan kepada sejumlah pemuda dan kelompok berprestasi asal banua.

Penghargaan meliputi kategori Pasangan Muda Inspiratif Berprestasi, dan Bantuan Kewirausahaan Pemuda TA 2022 sebagai Kelompok Usaha Pemuda Produktif.

Kemudian untuk Kelompok Usaha Pemuda Produktif Penyandang Disabilitas, serta Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Kalsel di bidang pendidikan, pangan, pengelolaan sumber daya alam, lingkungan, dan pariwisata, juga bidang inovasi dan teknologi.[adv]