Tandai Hari Sumpah Pemuda, Pemkab Tanbu Gelar Upacara

BATULICIN – Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94, Jumat (28/10/2022), ditandai Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) dengan upacara di halaman Kantor Bupati.

Bertindak selaku inspektur upacara Asisten Administrasi Umum, Andi Aminuddin. Upacara diikuti seluruh pejabat, Forkopimda, organisasi kepemudaan dan ASN di lingkup Pemkab Tanbu.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda bertema “Bersatu Bangun Bangsa,” ini diawali dengan pembacaan teks Kongres Pemuda Indonesia 1928 oleh Ketua KNPI Tanbu, Andi Ristianto.

Dalam amanatnya Menteri Pemuda dan Olahraga ( Menpora) RI yang dibacakan oleh Andi Aminuddin mengatakan, Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

“Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia,” ucapnya.

Tema “Bersatu Bangun Bangsa” memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

“Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ia menyatakan jika melihat kondisi pemuda Indonesia saat ini, maka terdapat optimisme yang penuh harapan, di samping masih terdapat beberapa tantangan yang tidak ringan.

“Hal ini menjadi modal untuk membangun keunggulan Indonesia di masa yang akan datang, namun kita juga khawatir bahwa pemuda Indonesia masih menghadapi ancaman pengangguran dan keterpurukan dalam tindakan destruktif yang tidak menguntungkan,” bebernya.

Oleh sebab itu Ia mengajak seluruh elemen bangsa menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak, mendorong pemuda Indonesia untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa.

“Kerja-kerja kolaboratif antar pihak perlu dikembangkan, karena upaya pembangunan pemuda tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri atau parsial, pembangunan kepemudaan membutuhkan orkestrasi yang sinkron dan harmoni,” pungkasnya.

Pada kegiatan tersebut Asisten III juga malkukan pelepasan kontingen Atlet Porprov Ke XI Tanah Bumbu menuju Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan menyerah kan bantuan BPJS Kepada Atlet dan Oficial.

Selain itu juga Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menyerahkan Bantuan hibah kepada 7 Perkumpulan seni adat dan budaya yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.[joni]